Keterangan Foto:
Presentasi dari personal tenant salah satu produk pemenang Technopreuneurship 2016 TBIC, IBT 2017 dan INBISTEK 2018 Kemenristek Dikti Bidang Riset Material Maju dan Manufaktur dengan nama brand Valex Folifix yang diinkubasi BIT-BPPT di TBIC-PUSPIPTEK di hadapan mantan presiden RI ke-3 BJ. Habibie beserta rombongan. Inventor produk adalah juga seorang dosen di Fakultas Teknik UNPAM, Catur Kurniawan. Sedangkan presenter pada acara ini yang juga sebagai mahasiswanya, Nuril Huda. (6 Agustus 2018)

Narasi Artikel:
Di stand ini ditampilkan produk valensi ekstrusi material for lighting fixtures yang merevolusi industri lighting fixture dengan teknologi MFA (Manufactur For Assembly), Teknologi AATO (Automatic Assembly To Order), Teknologi Portable Factory. Produk yang telah dipatenkan di kemenkumham RI ini bekerja seperti LEGO, Part Knockdown menyederhanakan jumlah spare part menjadi hanya 5 varian untuk ratusan peluang transformasi bentuk lighting fixtures yang diperoleh sebagai hasil minimasi algoritma dalam metode optimasi. Produk ini meringkas ruang simpan dan mengefisienkan distribusi. Sejak tersedia sebagai bilah-bilah raw material, maka perakitannya dapat menggunakan tangan kosong. Lebih ringkas, lebih berkualitas, lebih indah, dengan harga yang tetap kompetitif.
Produk yang segera terbit SNI nya ini sangat terpercaya keandalannya sebagai produk lighting fixtures. Ia menggunakan 100% kandungan bahan lokal AL 6030 dan segala jenis material ekstrusi lainnya. Temuan ini akan membuka banyak lapangan pekerjaan baik di core business nya pada PT. VCP sebagai enterprise commercial’s right, maupun di sisi multiplyer business effect nya. Produk ini dibuat di workshop A1 TBIC dan pertama kali akan diaplikasi di gedung parkir Viktor UNPAM untuk varian lighting fixtures model TKO LED T8 Flat. Sebelum dipasarkan secara luas.
Inventor yang juga sebagai pebisnis dan akademisi ini mengharapkan di masa depan lebih banyak lagi insan kreatif yang muncul dengan idea di hulu yang dapat memungkinkan tumbuh sampai hilir pada level TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) yang mapan dan memiliki potensi mendunia demi tumbuh kembangnya industri dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *