Bekerja sama dengan berbagai lembaga yang dapat saling mengisi guna meningkatkan kualitas bersama adalah sebuah keniscayaan. Dunia yang terus berubah demikian cepat membuat kerjasama antara lembaga menjadi penting adanya.

Melalui kerjasama kedua atau bahkan banyak mlembaga dapat saling memberi dan menerima, saling mengisi dan saling menguatkan satu sama lain.

Kesadaran itulah yang kemudian mendorong Universitas Pamulang Tangerang Selatan dan Universitas Pancasakti  Tegal, Jawa Tengah bertekad membangun kerjasama yang berkelanjutan.

Menurut Direktur Pascasarjana Universitas Pamulang, Dr. Ir. Sarwani, kerjasama tersebut adalah penting untuk mendorong kemajuan bersama dua lembaga pendidikan tersebut.

“Kami memandang penting untuk jalin kerjasama dengan Universitas Pancasakti yang tentu saja sangat berpengalaman,  kami berharap dapat menimba banyak ilmu dan pengalaman dari kerjasama ini,” kata Sarwani di Tegal, Senin (27/8) lalu.

Untuk menajamkan poin-poin kerjasama kedua lembaga, Sarwani menegaskan, kerjasama itu kemudian dirinci dengan kerjasama antar prodi. Dari pihak Unpam maupun UPS lantas meningkatkan kerjasamanya kedalam 4 prodi ditingkat sarjana (s1) sejenis dan 2 prodi dilevel pascasarjana.

Keempat prodi tersebut adalah Prodi Manajemen, Prodi Administrasi Perkantoran (D3), Prodi Matematika, dan Prodi Teknik Industri.

Sedangkan dilevel Pascasarjana meliputi Prodi Magister Hukum (MH) dan Prodi Magister Manajemen (MM). Pada kesempatan tersebut masing- masing Kaprodi dilingkungan Universitas Pamulang melakukan penandatanganan MoU  dengan  Kaprodi di lingkungan Universitas Pancasakti.

Dosen Pascasarjana Unpam Dr Khayatun Nufus SE M.Si menerangkan, UNPAM yang dipimpin  Rektor Dr. Dayat Hidayat MM memilih MoU dengan UPS karena merupakan perguruan tinggi yang potensial dan mengalami perkembangan pesat.
“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat meningkatkan mutu pendidikan terutama dilingkungan Universitas Pamulang,” jelas Nufus.  Nufus menjelaskan, model kerjasama yang akan dikembangkan  meliputi  pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, penyelenggaraan seminar bersama, serta upaya lain yang dinilai menguntungkan kedua lembaga.
Rektor UPS Prof Burhan Eko Purwanto M.Hum mengemukakan, setelah MoU ini diharapkan ada tindaklanjut berupa memorandum of agreement (MoA) antara Unpam dan UPS.
“Tentu saja kami selalu menyambut baik setiap bentuk kerjasama yang kami lakukan, termasuk hari ini dengan Universitas Pamulang, kami senang dan kami berharap kerjasama ini dapat segera berjalan secara kongkrit, tidak berhenti di penandatanganan MoU agar langsung terasa manfaatnya bagi kedua kampus,” ujar Burhan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *