Universitas Pamulang Program Studi Teknik industry mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan Technopreneurship Menuju Era Industri 4.0 di Auditorium Universitas Kampus pusat pada Hari Sabtu, 28 September 2019, Seminar ini dihadiri oleh Dr.-Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA

 

sebagai ketua tim pelaksana WANTIKNAS (Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional). peserta seminar sekitar 2117 mahasiswa dan umum.

Ilham Akbar Habibie mengatakan Ekonomi di Masa Mendatang harus mengandalkan Inovasi, dimana ini sejalan dengan tugas-tugas WANTIKNAS yaitu :

  • Merumuskan kebijakan umum dan arahan strategis pembangunan nasional, melalui pengembangan teknologi informasi dan komunikasi termasuk infrastruktur, aplikasi, dan konten;
  • Melakukan pengkajian, evaluasi, dan masukan dalam menetapkan langkah-langkah penyelesaian permasalahan strategis yang timbul dalam rangka pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
  • Melakukan koordinasi nasional dengan instansi Pemerintah Pusat/Daerah, Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah, Dunia Usaha, Lembaga Profesional, dan masyarakat pada umumnya dalam rangka pengembangan teknologi informasi dan komunikasi
    serta memberdayakan masyarakat; dan
  • Memberikan persetujuan atas pelaksanaan program pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat lintas kementerian agar efektif dan efisien.

4 hal yang perlu di perhatikan dalam inovasi : Berinvestasi ke Human Capital, Berinvestasi ke Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK), mendukung inovasi & kewirausahaan, meminimalkan kemiskinan.

Ekonomi di masa mendatang akan dipengaruhi dan dibentuk oleh teknologi, inovasi dan kewirausahaan yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dan kebutuhan yang timbul dari kelima megatrends ini yaitu : Urbanisasi cepat, Perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya, Pergeseran kekuatan ekonomi global, Perubahan demografi dan sosial, Gebrakan teknologi.

Inovasi sendiri bisa menyambungkan Teknologi dan Kewirausahaan melalui proses pengembangan Produk/Jasa yang baru berupa : ideas, purwarupa, industrialisasi, komersialisasi. fase 1 dalam inovasi biasanya dilakukan oleh sang inovator sendiri, biarpun ide seringkali disempurnakan dengan rekan/mitra ybs. Fase 2 ada mulai ada interaksi dengan inkubator. Fase 3 dan 4 sudah penuh bekerja dengan inkubator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *