Minggu, 3 November 2019, Program Studi Industri Universitas Pamulang mengadakan workshop bagi mahasiswa yang diseleksi terbatas sejumlah 30 Mahasiswa yang terdaftar. Program ini terlaksana dibawah pimpinan Kepala Laboratorium Teknik Industri Adi Candra, ST, MT. Ketua Panitia sekaligus Pembicara dalam workshop tersebut adalah Patria Adhistian, ST, MM (Dosen Teknik Industri) dan R. Gesit P. Alam, S.Kom, S.Sos, MSC (Scrum Master PT. XL Axiata). harapannya ini sebagai persiapan inkubasi Mahasiswa Teknik Industri dalam Industri 4.0

Design Thinking adalah Suatu pendekatan untuk menyelesaikan  masalah secara kreatif, secara deskriptif Design thinking adalah metodologi desain yang memberikan pendekatan berbasis solusi untuk memecahkan masalah. Design thinking ini sangat berguna dalam mengatasi masalah kompleks dengan memahami kebutuhan manusia yang terlibat, dengan membingkai ulang masalah, dengan cara yang berpusat pada manusia, dengan menciptakan banyak ide dalam sesi brainstorming, dan dengan mengadopsi pendekatan langsung dalam pembuatan ide prototipe dan pengujian.

3 ciri utama Design Thinking:

  1. Fokus pada user
  2. Tim yang berbeda  latar  belakang &  skills
  3. Iterasi tak terbatas

User itu siapa sih?

  1. User produk = Pengguna, consume
  2. Hiring user = Calon atasan yang biasanya  kamu temui saat interview  kerja

Dalam siklus tahapan design thinking adalah Observe, Reflect dan Made

Observer Baik saat mengidentifikasi peluang dan kesempatan baru  ataupun mengevaluasi ide yang ada, ingatlah bahwa ide  hebat muncul dari pemahaman mendalam terhadap  user kita. Pemahaman tidak dapat didapat dari hanya  duduk atau meeting, namun keberanian untuk  memahami user sesungguhnya!

Reflect ( Refleksi Diri ) ini sangatlah penting dan bermanfaat untuk anda , Khususnya sebagai seorang Pelajar , Membuat Self Reflection ( Refleksi Diri ) dapat mempermudah Proses Belajar anda nantinya, Anda dapat mengetahui atau mengukur sudah sejauh manakah Kemampuan anda. tindakan untuk mengulas kembali hal-hal apa saja yang sudah dilakukan sebelumnya, seperti dengan mengingat kembali kesalahan-kesalahan atau hal-hal baru apa sajakah yang barusan didapatkan dan langkah-langkah apakah yang akan dilakukan kedepannya nanti.

Make bagaimana hasil dari observasi dan refleksi untuk di buatkan sesuatu atau menghasil suatu solusi.

Dan dalam hal ini suatu product innovasi adalah hasil dari design thinking yang ada. Peserta sangat antusias dalam mengikuti workshop seharian yang diadakan Teknik industri. Dengan studi kasus masalah seorang ibu rumah tangga dan abdul sebagai pelajar, yang masing-masing mempunyai permasalah dalam belajar berbahasa inggris.

Dengan studi kasus tersebut, ternyata banyak ide-ide yang di ciptakan oleh peserta dengan menggunakan marvel didapat prototype hasil.

Prioritas Grid Feasibility and Impact

Berikut Feedback peserta workshop :

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *