Oleh : Adi Candra, S.T, M.T.

Jika tidakanmu menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak maka kamu adalah seorang pemimpin, kalimat tersebut merupakan sebuah pepatah yang sering kita dengar. Seiring dengan perkembangan jaman, bangsa ini membutuhkan peran aktif dari generasi muda dalam membangun bangsa, hal ini didasarai bahwa cerminan 40 tahun masa depan bangsa ini tergantung dari generasi muda sekarang “ mau dibawa kemana bangsa ini ” seperti kita lihat di banyak bangsa dunia yang memiliki generasi muda yang menjadi pemimpin bagi masyarakat bisa kita ambil contoh seperti Mark Zuckerbeg bagaimana dia bisa menjadi pemimpin diusia muda pada perusahaan ternama yang dibangunnya sejak masa bangku kuliah, atau di Indonesia kita bisa Ahmad Zacky CEO Perusahan E- Commerce terkemuka.

Usaha mereka menjadi pemimpin dan membantu perekonomian bangsanya bukan sesuatu yang mudah dicapai jika tidak diimbangi dengan The Power Of Spirit yang menjadi dasar, banyak halangan dan rintangan yang menghampiri dalam perjalanannya. “ So “ What can You Do ? hai generasi muda !! Bung karno mengatakan “ Beri aku sepuluh pemuda maka akan kuguncang dunia “ yang menegaskan bahwa betapa pentingnya peran generasi muda bagi bangsa atau negara. Dari beberapa uraian tersebut maka dapat dipahami menjadi pemuda yang produktif merupakan keuntungan dan kebutuhan bagi sebuah bangsa.

Keberhasilan bagi suatu negara dapat dilihat dari kualitas pemuda bangsanya, para pemuda mempunyai peran yang besar bagi setiap perubahan-perubahan yang terjadi dilingkungan masyarakat, terlebih lagi “mahasiswa” yang disebut sebagai “agent of change”. Sesuai sebutannya yaitu sebagai agen perubahan mahasiswa harus berpeperan aktif dalam membantu membangun bangsa ini, banyak hal positif yang dapat dilakukan seperti menghasilkan karya karya ilmiah yang dapat bermanfaat bagi masyarakat, peran aktif dilingkungan masyarakat, menjadi teladan yang baik masyarakat dan hal lain yang bersifat produktif, kegiatan positif tersebut tidak dapat dilakukan tanpa adanya spirit besar yang membangun, maka dari itu mari kepada seluruh pemuda kita bangun dari tidur kita, kita bangun dari sifat kemalasan kita ,agar kita dapat memberi kontribusi yang nyata bagi bangsa ini, bangsa ini butuh kalian hai para pemuda.

Agar menjadi generasi muda yang berperan aktif dan unggul perlu beberapa hal yang dilakukan dimulai dari hal kecil berikut: seperti mematuhi peraturan –peraturan baik itu dingkungan rumah maupun lingkungan masyarakat, mengubah kebiasaan buruk walaupun kecil, menghindari kegiatan yang tidak bermanfaat, dan tidak lupa pula dalam memambantu membangun bangsa ini kita harus mencintai kebudayaan negri ini dan harus selektif dalam menerima kebudayaan asing yang dapat memberikan pengaruh buruk bagi generasi muda, mencintai kebudayaan bisa dilakukan dengan cara menjaga cagar budaya, mencintai produk asli dalam negri dan lain sebagainya, hal- hal ini dapat berpengaruh dalam pembangunan kemajuan bangsa dan kemajuan bangsa tidak akan dicapai tanpa adanaya niatan dari diri pribadi sebagai generasi muda untuk memajukan bangsanya.

Mematuhi aturan, sebagai generasi muda kita harus sadara bahwa peratura dibuat agar kita tetap dalam koridor yang berlaku dan tidak melenceng dari jalur yang ada, sebgai contoh seorang pelajar wajib mematuhi aturan yang ada di sekolahnya dan akan mendapatakan skorsing jika tidak mematuhi aturan, hal ini dilakukan agar para pelajar disadarkan bahwa pentingnya aturan yang berlaku agar kelak jika terjun di masyarakat dapat menjadi panutan . Mengubah Kebiasaan Buruk banyak kegiatan kegitan buruk yang dilakukan generasi muda yang tidak terasa bahwa kegaiatan tersebut kebiasaan, bisa kita ambil contoh banyak generasi muda saat ini ketika beranjak memasuki sekolah menengah mulai mengkonsumsi rokok, seperti kita ketahui bahwa merokok dapat mengakibatkan gangguan kesehatan namun hal ini terkadang diabaikan bagi para generasi muda, dikarenakan mereka berfikir bahwa mengkonsumsi rokok menjadi hal yang dikatakan “ Gaul “.

Menghindari kegiatan tidak bermanfaat,saat ini seluruh bangsa telah dimudahkan dengan adanya teknologi yang ter-update, dimana semua kegiatan bisa dilakukan dengan hanya genggaman pada Gadget ( Telepon Selular ), tapi disamping dari berbagai manfaat yang didapatkan ada beberapa kegiatan yang tak bermanfaat juga yang ditimbukan dari gadget tersebut diataranya seorang dapat bertahan lama samapai berjam-jam didiepan ponsel yang tanpa disadari kegiatan tersbeut menjadi rutinitas yang dilakukan setiap hari, entah itu bermain game, menonton film, dll. Jika kita hitung-hitung berapa waktu yang terbuang yang kita gunakan hanya untuk berlama lama di depan ponsel, banyak kegiatan produktif lain yang bisa kita lakukan daripada hanya bermain ponsel, misalnya bagi pelajar tingkat tinggi dibanding bermain gadget lebih baik dialihkan mengerjakan tuga yang diberikan atau bisa bersosisalisai di masyarakat dengan membantu kegiatan sosisal. Mencintai Budaya Bangsa.

Tidak ada suatu bangsa maju yang tidak mencintai bangsanya sendiri, sebagai pemuda kita wajib menjaga kebudayaan leluhur kita diantranya dapat dilakukan dengan menggunakan produk lokal asli buatan Indonesia, serta dapat menjaga budaya budaya Indonesia yang ada sejak lama.
Mulai hari ini ayo kita semua bergerak dalam peran aktif membangun bangsa terutama generasi muda, kita lupakan semua kebiasaan buruk lama kita, “Buang kebiasaan lama, Ambil kebiasaan Baru”.

http://mediakontroversi.co.id/2020/06/05/meningkatkan-peran-generasi-muda-unggul-dalam-membangun-bangsa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *