Pada hari ini Sabtu 6 Juni 2020 jam 09:00 sampai dengan jam 12:00 telah dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh team kurikulum dalam mengembangkan E-learning dosen Teknik Industri dengan Tema “New Normal” dalam pembelajaran online, dengan menggunakan aplikasi google meet. Acara ini dipandu oleh MC Adi Candra,S.T,M.T dengan susunan acara diawali dengan doa yang dipandu oleh Marzuki Zulziar, S.S.i., M.Si.

Sambutan disampaikan oleh ketua prodi Teknik industri, Rini Alfatiyah, S.T,M.T,CMA dengan berlangsungnya acara ini diharapkan dapat menimbulkan semangat dari para dosen dalam meningkatkan kualitas peningkatan e-learning, dilihat peningkatan yang sangat pesat kualitas e-learning Teknik industri telah mencapai 99%, penyusunan buku ajar praktikum yang telah ber ISBN sebanyak 11 dan modul panduan buku ajar ter ISBN sebanyak 4 dan banyak lagi modul yang sedang dikerjakan dan kembangkan. Mari terus berinovasi dan berkarya ujar ketua program studi Teknik industri Rini Alfatiyah,S.T,M.T,CMA.

Selanjutnya disampaikan oleh dekan fakultas Teknik dan MIPA, Syaiful Bachri M.Eng. Sc, Ph.D sangat mengapresiasi program studi Teknik industri atas perkembangan yang begitu pesat dan sangat produktif dalam meningkatkan kualitas e-learning dan bahan ajar. Apresiasi yang diberikan pada acara ini juga dapat mengundang narasumber Ubaid Alfaruq S.Pd, M.Pd selaku ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Pamulang dan Koordinator bidang publikasi pada penerbitan publikasi unpam (unpampress).

Memasuki acara inti yang dipandu oleh moderator Syahreen Nurmutia,S.T,M.T diawali dengan pembacaan CV narasumber Ubaid Alfaruq S.Pd, M.Pd, serta pemaparan materi yang sangat menarik mengenai “New normal” dalam pembelajaran online mengenai kata kunci dosen sebagai creator dan seorang pemimpin untuk mahasiswa, dengan memberikan tips-tips untuk membangun mahasiswa dalam belajar dengan memanfaatkan berbagai media, tidak dapat dipungkiri mobile legend dan tiktok pun juga dapat menjadi media pembelajaran online seperti yang telah dijelaskan oleh Ubaid Alfaruq S.Pd, M.Pd. Meningkatkan konten dan konteks sehingga menimbulkan interaksi membangun analisis mahasiswa dalam keterkaitannya dengan “Problem base learning” ujar narasumber dalam acara FGD ini.

Diskusi yang telah dibangun dalam acara ini pun sangat menarik sehingga waktu yang dilaksanakan jam 09:00 sampai dengan jam 12:00 siang ini sangat kurang waktunya, apresiasi atas pemaparan materi serta tanya jawab antara peserta forum group discussion dengan Narasumber Ubaid Alfaruq S.Pd, M.Pd yang dipandu oleh moderator Syahreen Nurmutia,S.T,M.T sangat menarik dan menginspirasi demi terciptanya pembelajaran online learning pasca COVID-19.

Ditutup oleh MC Adi Candra,S.T,M.T dan foto bersama sebanyak 55 orang pada FGD tersebut yang dipandu oleh Tedi Dahniar,S.T,M.T yang dihadiri oleh ketua program studi Teknik industri Rini Alfatiyah,S.T,M.T,CMA, Dekan fakultas Teknik dan MIPA bapak Syaiful Bachri M.Eng. Sc, Ph.D, serta bapak dan ibu dosen Teknik industri yang hadir dalam acara FGD tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *