Rabu, 3 Juni 2020, Pada Pukul 09.00 sampai dengan Pukul 12.00, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang menyelenggarakan Online Group Discussion dengan Tema Internalisasi Peran dan Jabatan Akademis Dosen dengan bertujuan meningkatkan capaian fungsional jabatan dosen di lingkungan Fakultas Teknik dan MIPA dihadiri oleh 69 dosen dari Program Studi Teknik Kimia, Teknik Industri dan Teknik Elektro. Pada acara kuliah/diskusi “Internalisasi Peran & Jabatan Akademis Dosen” dengan Narasumber dosen Grade Satu masing-masing Program Studi.

Acara berlangsung Via Google Meeting dimulai pembukaan oleh MC & Do’a dipandu oleh Niera Feblidiyanti, S.T, M.M dari Program Studi Teknik Industri, dilanjutkan Sambutan oleh Ketua Program Studi Teknik Kimia Ir. Wiwik Indrawati, M.Pd., Sambutan oleh Ketua Program Studi Teknik Industri Rini Alfatiyah, ST, MT., Sambutan oleh Ketua Program Studi Teknik Elektro Jamal A. Rachman Saprin, B.Sc, M.Sc. Acara dilanjutkan dengan Sambutan oleh Dekan Fakultas Teknik dan MIPA, Syaiful Bakhri, S.T., M.Eng, S.c,  PhD, serta Sambutan dan Arahan Wakil Rektor II Dr. Subarto, M.Pd sekaligus membuka acara.

Masuk ke acara inti, selanjutnya MC memperkenalkan dan mempersilahkan moderator, Dwi Anie Gunastuti, S.T., M.T, C.T. dari Program Studi Teknik Elektro. Kemudian inti acara dimulai Presentasi dari Program Kerja dan Teknis Proses Jabatan Fungsional dari masing-masing Program Studi.

Pemaparan oleh narasumber pertama dari Program Studi Teknik Kimia Budhi Indrawijaya, S.T., M.Si menyampaikan tantangan, solusi terobosannya di Program Studi Teknik Kimia. Dalam pemaparannya dimulai dari menjelaskan tentang Dasar Hukum dari Jabatan Akademis Dosen ini mengapa itu harus dikerjakan,kemudian menjelaskan tentang Progres dosen yang sudah memiliki  dan yang belum memiliki Jabatan Akademis Dosen. Dari 21 dosen yang ada di Program Studi Teknik Kimia terdapat 12 dosen yang sudah berjafung dan 9 yang belum memiliki jafung yang apabila di deskripsikan sebagai berikut: Dosen yang memiliki jabatan akademis dosen Asisten Ahli sebesar 43%, Lektor sebesar 14% dan Tanpa jabatan sebesar 43%  dan beliau juga memaparkan terkait kendala-kendala yang dialami diantaranya: ketidaklengkapan administrasi, karya ilmiah yang salah, claim kelompok karya penelitian tidak benar indikasi plagiasi dan masih ada beberapa lagi. Dan pemaparan terakhir dari beliau adalah besar harapan semua dosen yang ada dalam Program Studi Teknik Kimia tahun depan sudah semuanya memiliki Jabatan Akademis Dosen.

Presentasi kedua dari Program Studi Teknik Industri, Dyah Puspitasari SP, SE., Ak., M.Si menyampaikan program kerja dan teknis proses jafung berikut tantangan, solusi terobosannya di Program Studi Teknik Industri. juga memaparkan terkait dengan progres, hambatan dan harapan terkait dengan jabatan akademis dosen di program Studi Teknik Industri, dalam pemaparannya bahwa antusias dan semangat dari dosen program studi Teknik industri sangat tingi terbukti dalam waktu belakangan ini sudah ada 20 dosen yang sedang proses Jafung 10% nya masih menunggu jurnal terbit. Kemudian mengiformasikan terkait dengan kendala yang saat ini dihadapi dalam proses Jafung ini adalah seringnya terjadi perubahan dalam kepengurusan persyaratan dari LLDIKTI yang awalnya menggunakan Hardcopy berubah menjadi online, syarat publikasi Ilmiah dalam kepengurusan jafung adalah Jurnal yang terakreditasi Sinta 4 dan adanya adaptasi pengaruh dari kondisi Pandemi karena Virus COVID-19 ini. Presentasi akhir dari disampikan dengan harapan semua dosen yang ada di Program Studi Teknik industri untuk segera mengurus Jabatan Akademis Dosennya karena itu merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan selain TRI DHARMA Perguruan Tinggi.

Presentasi terakhir dari Program Studi Teknik Elektro oleh Heri Kusnadi, S.T., M.T. menyampaikan Program kerja dan teknis proses jafung berikut tantangan, solusi terobosannya di Program Studi Teknik Elektro. dalam pemaparannya beliau menginformasikan terkait dengan persyaratan untuk memiliki Jabatan Akademis Dosen yang kemudian dilanjut dengan progress dosen yang sudah memiliki Jabatan Akademis Dosen di Program Studi Teknik Elektro dan terakhir adalah kendala-kendala yang dialami dalam kepengurusan Jabatan Akademis Dosen.

Setelah semua pemaparan selesai dimulai sesi tanya jawab dari para peserta Webinar yang dilakukan baik itu pertanyaan langsung ataupun pertanyaan yang dibacakan dari personal chat. Setelah sesi tanya jawab berakhir dilanjukan dengan foto bersama peserta yang hadir dan penutup dari Bapak Syaiful Bachri, S.T., M.Eng, S.c , Ph.D selaku Dekan Fakultas Teknik dan MIPA, Universitas Pamulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *