Oleh: Ade Sumaedi ST. (Alumni Tekin Unpam)

Corona Virus (Covid-19) masih menjadi momok pembicaraan seluruh masyarakat Indonesia, menjelang di tetapkannya New Normal oleh Pemerintah Pusat, terutama bagi warga Jln. Mataram 9 Rt. 005/Rw. 025 Perum 3 Karawaci Kelurahan Bencongan Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang-Banten. Penyebaran virus sampai saat ini Jumlah pasien terjangkit virus corona ( Covid-19) di Indonesia per Minggu (7/6/2020) bertambah sebanyak 672 Orang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, dengan demikian, jumlah penderita Covid-19 di Tanah Air menjadi 31.186. “Sehingga totalnya menjadi 31.186,” ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta. “Kalau kita rinci lebih detail lagi dari kasus konfirmasi Covid-19, kita lihat DKI Jakarta hari ini mengalami penambahan 163 kasus baru,”Jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir juga bertambah sebanyak 50 sehingga totalnya menjadi 1.851. Sementara, jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 10.498. Jumlah pasien sembuh tersebut bertambah sebanyak 591 dalam 24 jam terakhir. Yurianto menegaskan, penularan Covid-19 di Indonesia masih terjadi. Oleh sebab itu, pemerintah tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan sesering mungkin dan membersihkan tubuh seusai beraktifitas, mengenakan masker saat beraktifitas dan rutin berolahraga. (Sumber: Artikel Kompas.com dengan judul “UPDATE 7 Juni: Tambah 672, Kasus Covid-19 di Indonesia Jadi 31.186”. Penulis: Devina Halim dan Editor : Fabian Januarius Kuwado).

Hal tersebut masih membuat waswas warga Jln. Mataram 9 Rt. 005/Rw. 025 Perum 3 Karawaci Kelurahan Bencongan Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang-Banten, karena masih banyak yang terkena Positif Virus Corona (Covid-19). Salah seorang warga sekitar mengatakan menjelang di tetapkannya New Normal oleh Pemerintah Pusat, sebaiknya perlu diadakannya lagi penyemprotan cairan desinfektan kesemua tempat yang berada didaerah tersebut.

Atas nama Mahasiswa dan Alumni Teknik Industri Universitas Pamulang yang terdiri dari Alfian Faturrokhman dan Ade Sumaedi ST., serta Perwakilan Perusahaan PT. Duta Nichirindo Pratama (PT. DNP) terdiri dari Bpk. Irpan S, Bpk. Tasrom dan Bpk. M. Yusuf melakukan Bakti sosial (Baksos) Kepada Masyarakat dengan melakukan penyemprotan Desifektan di Jln. Mataram 9 Rt. 005/Rw. 025 Perum 3 Karawaci Kelurahan Bencongan Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang-Banten yang diwakili oleh Bpk. Endang (Ketua RT) dan Bpk. Dawi (Perwakilan Warga) dalam kegiatan Baksos menjelelang New Normal yang bertema “Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Menjelang Penerapan New Normal Covid-19” tanggal 07 Juni 2020.

Penyemprotan Desinfektan difokuskan pada benda-benda tak hidup, seperti permukaan meja, pegangan pintu, tebok jalan, area jalan umum dan benda benda lainnya yang berfungsi untuk mensterilkan benda dari kuman, bakteri, dan virus. Desinfektan lebih efektif mencegah timbulnya bakteri dan mikroorganisme pada permukaan benda mati. Penyemprotan ini langsung dilakukan oleh Ketua RT, yang bertujuan agar warga sekitar ikut peduli terhadap lingkungannya sendiri dan selalu mengikuti protokol pemerintah menjelang penetapan New Normal yaitu selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, hidup bersih, jaga jarak minimal 1 (satu) meter dan menggunakan masker.

Dalam kegiatan ini donatur utama adalah PT. Duta Nichirindo Pratama, perusahaan yang bergerak dibidang Spare Part Otomotif yaitu produsen filter untuk roda dua dan roda empat seperti saringan udara, saringan bahan bakar, saringan oli dan saringan AC. Dan kegiatan ini pula sebagai bentuk kepedulian PT. Duta Nichirindo Pratama kepada warga sekitar. Menurut perwakilan manajemen perusahan menuturkan walau pun kami berbeda daerah antara Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang jarak kami berdampingan yang hanya dipisahkan oleh kali sabi dan salah satu perusahaan, manajemen perusahaan berkomitmen dengan masa-masa pandemi Covid-19 ini selalu berusaha membentu memutus penyebaran virus tersebut. Kegiatan penyemprotan desinfektan dilaksanakan pada Minggu, 07 Juni 2020 mulai pukul 14.00 Wib sampai dengan 16.00 Wib, dari kegiatan ini kami sebagai Mahasiswa dan Alumni Mahasiswa Teknik Industri Pamulang deberikan pengalaman yang berharga yaitu berbuat baik jangan pilih-pilih, berbuat baiklah kepada siapa pun.

Ibnu Muflih dalam Al-Adab Asy-Syar’iyyah berkata:

“Lakukanlah kebaikan pada siapa pun. Jika kita berbuat pada yang pantas menerima, berarti kita telah meletakkan pada tempatnya. Namun jika bukan, kita tetap sudah dianggap berbuat baik.”

(Dinukil dari kanal @almunajjid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *