Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) meliputi berbagai upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia seperti perluasan wawasan, pengetahuan maupun peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh civitas akademika kepada masyarakat sebagai perwujudan dharma bakti dan kepedulian untuk peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di lakukan di RT.003/RW.08 Kelurahan Serpong. RT.003/RW.08 Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu Rukun Tentangga yang terdapat di Kelurahan Serpong dengan Ketua RT Bapak Mulyadi. Letaknya yang strategis berada tepat di belakang Pasar Serpong, dekat dengan Puskesmas Serpong, dan dekat dengan Stasiun Serpong membuat RT.003/RW.08 padat penduduknya. Mayoritas mata pencarian warga RT.003/RW.08 pedagang dan kuli harian di Pasar Serpong. Selayaknya wilayah padat penduduk daerah ini memiliki masalah kesehatan yang komplit. Salah satunya rendahnya kesadaran warga akan kesehatan terutama budaya cuci tangan pakai sabun dan tidak tersedianya fasilitas yang mencukupi. Maka dari itu wilayah ini layak dijadikan tempat PKM oleh dosen khususnya prodi teknik indusri universitas pamulang.

PKM ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang pembuatan sabun cuci tangan cair antiseptik guna menambah keterampilan warga untuk kemudian dapat dijadikan alternatif sumber penghasilan keluarga ditengah suasana pandemi ini. PKM Ini dilakukan oleh dosen Teknik Industri Universitas pamulang dengan melalui tiga tahapan yaitu Tahapan pertama pendahuluan, tahapan kedua sosialisasi prosedur cuci tangan dan tahapan ketiga pembuatan sabun cuci tangan cair serta  tahap evaluasi akhir.

Kegiatan PKM ini dilakukan secara offline dan online melalui aplikasi zoom meeting dikarenakan dalam kondisi pedemi Covid 19. Kegiatan PKM ini dihadiri oleh 4 Dosen dan 5 Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang serta 16 Peserta yang terdiri dari Ketua RW.08, Ketua RT.003, Ketua DKM Masjid Al Mabrur, serta warga RT.003/RW.08 Kelurahan Serpong).

Kegiatan PKM diawali dengan menyebarkan kuesioner pre-test dan post-test, sosialisasi (pemaparan materi). Menyebarkan kuesioner ditunjukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keterampilan warga mengenai cara mencuci tangan memakai sabun cair serta pembuatan sabun tangan cair antiseptik. Selain itu kuesioner digunakan untuk melihat keberhasilan program penyuluhan dan pelatiah pembuatan sabun tangan cair antiseptik yang telah dilakukan.

Kegiatan selanjutnya adalah cara mencuci tangan menggunakan sabun cair antiseptik sebagai salah satu program hidup bersih dan sehat, untuk mencegah berbagai penyakit akibat higienitas yang rendah. Adapaun materi mengenai “Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” oleh Laily Maknin Zubaedah, S.T., M.B.A., CMA .

Kegiatan selanjutnya yaitu pembuatan sabun tangan cair antiseptik, Hasil dari pelatihan pembuatan sabun cuci tangan cair antiseptik ini berupa sabun cuci tangan cair berwarna merah, berbau harum, tidak membuat kasar tangan apabila sabun cuci tangan cair ini dipakai. Pemaparan mengenai “Pembuatan Sabun Cuci Tangan Cair Antiseptik dengan Penambahan Gliserin” oleh Nurselvi, S.TP., M.Sc.

kegiatan selanjutnya yaitu memberikan bantuan sabun cair antiseptik dengan bahan tambahan gliserin kepada Warga RT.003/RW.08, Masjid AL Mabrur Pasar Serpong, dimana dari Tim PKM di wakilkan oleh Ade Irawan, S.T., M.M.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang yang dilakukan oleh dosen-dosen Teknik Industri ini berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang positif dari Warga RT.003/RW.08 serta kader-kader PKK dilingkungan RW.08. Dari kegiatan PKM ini dapat ditarik beberapa kesimpulan Pemahaman warga mengenai hidup sehar dan bersih sangat kurang, Pemahaman warga mengenai tata cara cuci tangan dengan sabun cair yang benar masih kurang. Keterampilan warga bertambah dengan adanyanya pelatihan pembuatan sabun tangan cair dan Terbukanya peluang usaha bagi warga dalam alternatif pendapatan pada masa pademi Covid-19.[TIM PKM]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *