Sesuai dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan IPTEK dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa, memandang pentingnya peran dalam pengembangan kegiatan kemahasiswaan baik pada tataran kelembagaan kemahasiswaan di Perguruan Tinggi (PT), peningkatan prestasi mahasiswa serta terus mendorong pengembangan minat, bakat, penalaran, dan kreativitas serta keilmuan dan keprofesian mahasiswa, yang selaras dengan perwujudan misi guna mencapai visi Universitas Pamulang yang ingin menjadi salah satu PT peringkat 40 besar dalam skala nasional, memfasilitasi dalam pembekalan mahasiswa dalam menghadapi tantangan globalisasi, disini mahasiswa bukan hanya dibekali dengan akademik semata, namun juga harus dibekali dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan soft skills mahasiswa.

Bidang Kemahasiswaan Teknik Industri Universitas Pamulang bekerjasama dengan Team Warek 3 melakukan sosialisasi via Google Meet terkait Sistem Pemeringkatan Mahasiswa (SISPEMA). Melihat kondisi pandemic saat ini Bidang Kemahasiswaan khususnya Bidang Kemahasiswaan Program studi Teknik Industri Universitas Pamulang melaksanakan Online Meeting dalam melakukan Sosialisasi Sistem Pemeringkatan Mahasiswa (SISPEMA). Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 9 November 2020. Kegiatan sosialisasi SISPEMA tersebut dihadiri oleh Ibu Derita Qurbani, S.Psi., MM. selaku Perwakilan dari Team Warek 3, Ibu Rini Alfatiya ST. MT. CMA selaku Kaprodi Teknik Industri, Dosen-dosen Bid. Kemahasiswaan, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UNPAM dan seluruh ketua kelas program studi Teknik Industri. Acara tersebut dimoderatori oleh Haya Aqila perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Industri dan Ibu Derita Qubani S.Psi., MM. selaku narasumber utama dalam pelaksanaan sosialisasi Sistem Pemeringkatan Mahasiswa ini.

Adapun tujuan dari program pengembangan Sispema yang dilakukan oleh bidang kemahasiswaan yaitu untuk mengetahui potensi dan menggali bakat dari mahasiswa program studi Teknik Industri yang ditujukan untuk menjadi wahana bagi PT melaporkan prestasi-prestasi mahasiswa dan institusi bidang kemahasiswaan.

Pemeringkatan kemahasiswaan tersebut dilakukan guna mendorong PT untuk meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan sehingga dapat menumbuh-kembangkan prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa, olahraga, seni, minat khusus, bakat, kewirausahaan, dan kesejahteraan mahasiswa dalam skala nasional maupun internasional. Pemeringkatan kemahasiswaan juga ditunjukan untuk memotivasi PT dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik secara kelembagaan kemahasiswaan, prestasi mandiri PT dan juga keterlibatan dalam berbagai kegiatan yang diselengarakan oleh Direktorat Belmawa, Ditjen Dikti serta upaya untuk meningkatkan prestasi-prestasi mahasiswa baik tingkat nasional maupun internasional.

Dalam Sambutannya Ibu Rini menjelaskan bahwa SISPEMA merupakan wadah bagi mahasiswa-mahasiswa untuk melaporkan semua prestasi baik itu akademik, maupun non akademik. Senada dengan Ibu Rini, dalam sambutannya Ibu Nisa selaku ketua bidang kemahasiswaan Teknik Industri juga menekankan supaya mahasiswa lebih aktif mengikuti setiap event  yang diadakan oleh Direktorat Belmawa, Ditjen Dikti.

Acara inti pada kegiatan daring ini adalah pemaparan materi tentang Sistem Pemeringkatan Mahasiswa (SISPEMA) oleh Ibu Derita Qubani. “Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan kerjasama dari para Bapak/Ibu Kaprodi Fakultas, Bid. Kemahasiswaan program Studi Teknik Industri untuk dapat memberikan pengarahan serta menunjang dalam data serta dokumen pendukung untuk pengisian pada akun SISPEMA”, ungkap Ibu Derita. Beliau juga mengharapkan dengan adanya program SISPEMA mahasiswa dapat lebih aktif, kreatif serta inovatif dalam mengembangkan Minat dan Bakat. Selain itu juga terdapat rewards menarik bagi mahasiswa-mahasiswa berprestasi sebagai apresiasi dari Universitas Pamulang. “Mudah-mudahan dengan terlaksananya program SISPEMA ini, kampus kita nantinya dapat menjadi salah satu PT peringkat 40 besar.pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *