Minggu 30 Mei 2021, Mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Buaran Bambu, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. Dengan penerapan protokol kesehatan, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di aula Kelurahan Desa Buaran Bambu dan dihadiri oleh segenap perngkat desa serta warga Desa Buaran Bambu yang sangat antusias menjalani kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wujud nyata pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Pamulang. Tim Pengadian Kepada Masyarakat ini di ketuai oleh Natalia Wahyuni dan beberapa anggota antara lain, Ade Iswadi, Rendi Ramadhan, Shella Aprilia Sari, Sya’ban Sadewa serta di bimbing oleh Rusmalah, S.T., M.T selaku dosen Teknik Industri Universitas Pamulang. Dengan mengusung tema Pengabdian berupa Pelatihan Pembuatan Produk Detergen Pencuci Piring yang saat ini produk tersebut sudah menjadi kebutuhan pokok dalam rumah tangga dan arus sirkulasi penjualannya cukup tinggi di berbagi daerah.

Dalam kesempatan ini Kepala Desa Buaran Bambu, yaitu Bapak Suyatno, S.E  merasa sangat bahagia sekali dengan terpilihnya Desa Buaran Bambu sebagai lokasi Desa Pengabdian Kepada Masyarakat. “Saya secara pribadi dan mewakili masyarakat Desa Buaran Bambu sangat berterima kasih kepada mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Pamulang dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan dalam memberikan ilmu pengetahuan baru kepada masyarakat kami” ujar beliau.  Selain itu juga Ibu Aida selaku Koordinator PKK Desa Buaran Bambu berharap agar dilakukan lagi pelatihan berbagai jenis produk lainnya kepada ibu-ibu PKK Desa Buaran Bambu, “semoga kedepannya kita semua bisa berkumpul lagi untuk menjalani pelatihan produk-produk lain yang saat ini banyak dibutuhkan dalam rumah tangga” begitu ujar beliau.

Pelatihan pembuatan produk detergen pencuci piring ini berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme tinggi dari peserta serta sangat bersemangat dalam melakukan tahapan pelatihan pembuatan produk detergen pencuci piring. Produk detergen yang sudah selesai dibuat segera diedarkan ke peserta untuk menunjukkan kadar, viskositas dan kualitas yang setara dengan produk sejenis dipasaran.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini ditutup dengan pemberian cinder mata kepada Kepala Desa Buaran Bambu selaku perwakilan lingkungan serta penandatanganan perjanjian kerjasama dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kedepannya serta dilanjutkan acara ramah tamah antara warga Desa Buaran Bambu dengan para peserta pengabdi dan dosen pembimbing Teknik Industri.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh mahsiswa/I Teknik Industri Pamulang menjadi pemicu bagi masyarakat Desa Buaran Bambu khususnya kaum ibu yang bergabung dalam PKK untuk terus berkreasi dalam melakukan produksi dan meningkatkan omset penjualan produk sehingga dapat memberikan income tambahan bagi rumah tangga selain income rutin yang didapat saat ini. Dukungan mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Pamulang diwujudkan dalam pemberian starter kit alat produksi manual pembuatan produk detergent pencuci piring dan contoh produk jadi untuk dipasarkan serta produk setengah jadi yang selesai diproduksi. Diharapkan dengan adanya starter kit alat produksi akan semakin mempercepat akselerasi masyarakat dalam melakuka produksi produk detergent.