Universitas Pamulang Program Studi Teknik Industri Telah Melaksanakan Pengambdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa. Pada tanggal 29 Mei 2021. Tim PKM terdiri dari 4 Mahasiswa dan 1 Dosen Pembimbing, Mahasiswa yang terlibat yaitu; Puspita Sari, Aldi Nur mu’min, Ayu Puspita Sari, Dan Rudi Prasetiyo. Dosen Pembimbing yang terlibat yaitu; Syahreen Nurmutia, S.T, M.T selaku dosen Teknik Industri Universita Pamulang. Dengan penerapan protokol kesehatan, mahasiswa Universitas Pamulang memberikan arahan atau sosialisasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa ditempat Kp.Ceger (RT002/RW004) Ds. Sukadarma, Kec. Sukatani, Kab. Bekasi. dimana terdapat sebuah program lingkungan yaitu Anggota PKK yang berisikan sekitar 20 ibu-ibu yang merupakan penduduk sekitar lingkungan Rt/Rw setempat. Program PKK disini menjadi peran vital terhadap perkembangan kesehatan khususnya kekebalan Imunitas untuk menghadapi EraNewnormal masyarakat dilingkungan sekitar selain puskesmas terdekat.

Pada akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021 dunia kesehatan digemparkan oleh virus misterius di Wuhan China yang melesat cepat ke berbagai Negara-negara lain. Kabarnya adalah virus corona yang tergolong dalam penyakit berbahaya. Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernafasan. Penyakit karena virus ini disebut sebagai COVID-19 yang bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernafasan, infeksi paru-paru yang berat, bahkan bisa menyebabkan kematian. Virus corona (corona virus, disingkat CoV) adalah sebuah keluarga virus yang ditemukan pada manusia dan hewan. Jenis dari virus corona ini dapat menginfeksi manusia serta menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit umum seperti flu, hingga sampai pada penyakit-penyakit yang lebih fatal, seperti Midle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Mahasiswa Universitas Pamulang memberikan keberadaan rempah-rempah di Indonesia pada zaman dahulu telah dimanfaatkan sebagai minuman tradisional untuk mengobatai penyakit dan diwariskan hingga saat ini. Rempah- rempah merupakan tanaman yang memiliki antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Peningkatan kekebalan tubuh dapat menjadi bentuk pertahanan dalam melawan korona virus.Imunitas ialah sistem pertahanan dalam tubuh yang berperan untuk menghancurkan dan menetralkan benda-benda asing ataupun sel-sel yang berpotensi merugikan tubuh. Perlu adanya upaya untuk membantu para ibu-ibu PKK agar tidak mudah terinfeksi virus corona ini, seperti membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Tujuan sosialisasi PKM Mahasiswa ini untuk mengingatkan masyarakat melakukan Aktivitas dan pola makan- makanan yang bergizi, olahraga minimal 2 kali dalam seminggu dan minum-minuman ramuan herbal yang baik untuk kesehatan. Salah satu inovasi dalam pencegahan virus corona ini adalah dengan meminum-minuman herbal atau jamu sipopon. Sipopon ini terbuat dari rempah-rempah seperti : Jahe yang bermanfaat membantu menjaga system kekebalan tubuh. Hal ini agar tubuh tetap fit, dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh. Karena itu system kekebalan tubuh akan meningkat. Pemanfaat jamu sipopon juga dapat dilakukan dengan mengolah jamu sipopon menjadi produk yang bernilai ekonomis. Masyarakat di lingkungan kampung Ceger, khususnya para ibu-ibu PKK dan orang-orang yang beraktifitas diluar rumah belum mengetahui manfaat jamu sipopon bagi tubuh pada Era NewNormal ini. Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan pelaksana pengabdianan ini memberikan pemahaman kepada masyarakat dilingkungan kampung ceger manfaat dari rempah-rempah pada Era NewNormal untuk ibu-ibu PKK dan orang-orang yang beraktifitas diluar rumah.

Kegiatan Pengambdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa ditutup dengan sesi Poto bersama warga dan juga pemberian Cindra mata, minuman sipopon dan downprize berupa detergen telah diproduksi Universitas Pamulang kepada warga Kp.Ceger (RT02/RW04) Ds. Sukadarma, Kec. Sukatani, Kab. Bekasi