Koperasi Selaras Hati Utama (SHU) yang bertempat di perumahan Tamansari Bukit Damai, kelurahan padurenan Kecamatan Gunung  Sindur- Bogor. Koperasi SHU berdiri di akhir tahun 2020 sesuai akte pendirian tepatnya 01 November 2020 dan took baru mulai disisi pada pertengahan Desember 2020 . Angota koperasi ini semua masyarakat yang dengan suka rela mau bergabung atau mendaftarkan diri sebagai anggota koperasi SHU. Sampai saat ini anggota koperasi dari masyarkat sekitar baik di lingkungan perumahan Tamansari Bukit Damai dan warga di kelurahan wilayah Kecamatan Gunung Sindur. Sebagai koperasi yang baru di bentuk tentu masih membutuhkan kerja keras dari segenap anggotanya untuk bisa menjalankan koperasi ini demi kelangsungan hidup koperasi. Sebagaimana konsep berkoperasi adalah dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota maka kami melihat perlu adanya pembinaan dan pelatihan bagi para anggota koperasi agar setiap anggota memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk yang bisa di suplay ke koperasi untuk dipasarkan dan pada akhirnya memberikan keuntungan secara ekonomi bagi para anggota dan juga koperasi secara organisasi. Anggota koperasi terdiri dari palaku usaha, pegawai dengan kondisi pekerjaan yang berbeda-beda ada juga profesi sebagai pedagang, maupun masayrakat biasa (ibu rumah tangga). Sasaran pelatihan ini selain kepada angota koperasi ini juga para ibu-ibu rumah tangga dari istri para anggota koperasi yang mau belajar dalam pelatihan ini. Pelatihan ini selain memiliki tujuan kemandirian dalam ekonomi keluarga pelatihan pembuatan minuman kunyit serbuk instan ini juga melihat peluang dan perkembangan pademik yang masih merebak sampai saat ini. Dimasa pandemik ini dengan new normal semua masyarakat dihimbau agar selalu menjalankan protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak tetapi juga diperlukan asupan makanaan yang bergizi dan sehat. Minuman serbuk yang berbahan dasar kunyit ini baik untuk menjaga imun agar tubuh tetap kuat. Kunyit dengan nama latinnya  Curcuma longa banyak di temukan di Indonesia dan kunyit adalah herbal fitofarmaka yang sudah dilakukan uji secara klinis dalam riset. Kunyit mengandung senyawa yang memiliki khasiat sebagai obat  yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin. Setelah memperoleh pelatihan ini bagi warga atau peserta bisa mengembangkan usaha ini dengan variasi rasa bisa ditambahkan bahan seperti cengkeh atau ginseng untuk memperoleh variasi rasa dan pilihan bagi konsumen.

Beberapa manfaat dari minuman dari kunyit anatara lain:

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  2. Mengobati Radang
  3. Mengurangi Rasa Mual
  4. Mengatasi Perut yang Kembung
  5. Mengurangi Nyeri saat Haid
  6. Mengobati Metastasis Kanker
  7. Obat Alergi
  8. Menangkal Bakteri Jahat
  9. Penawar Racun
  10. Mengobati Maag

Dengan manfaat yang ada dalam minuman berbahan kunyit tersebut dan kondisi pandemic saat ini kami melihat bahwa produk ini memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan guna menyediakan minuman kesehatan untuk menngkatkan daya tahan tubuh tentu dengan harga yang dapat di jangkau oleh masayarakat luas. Melihat potensi tersebut kami Dosen Universitas Pamulang melakukan kerjasama dengan koperasi Selaras Hati Utama untuk melakukan pelatihan pembuatan minuman kunyit serbuk instan untuk meningkatkan imun dan membangun ekonomi mandiri pada koperasi Selaras Hati Utama di Perumahan Tamansari Bukit Damai, kelurahan Padurenan Kecamatan Gunung  sindur- Bogor. Pelaksanaan Pengadian kepada Masayarakat dilkukan di toko Koperasi selaras hati utama. Dosen yang terlibat dalam pelaksanaan PKM ini adalah Wuguh Pitono, ST., MM., selaku ketua pengusul, Niera Feblidiyanti, ST., MM sebagai Nara sumber dan Hari Sudirja, ST., MT sebagai anggota dan dalam PKM ini juga melibatkan tujuh mahasiswa  PKM mandiri oleh mahasiswa dengan anggota Abel Marcelino CT, Izza Navizha, Niko Bagus W, Vicentza Agliyandi, Abdul Rahman, Apsus Salam dan Rio Febri H.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Toko Moperasi SHU, dengan rangkaian acara. Pertama pembukaan acara yang di pandu oleh moderator Bpk. Surasa, S.T., M.T. dan dilanjutkan pembacaan doa. Selanjutnya kata sambutan dari ketua pengusul Bpk. Wuguh Pitono, ST., MT. dalam sambutannya disampaikan Bpk Wuguh Pitono., ST., MM bahwa kami tim Dosen Universitas pamulang berterimakasih kepada Koperasi SHU melalui pimpinananya Bpk Hartono Hutomo, STP., M.Ag yang telah berkenan kepada tim dosen Universitas Pamulang dari Prodi Teknik Industri untuk memberikan pelatihan kepada anggota Koperasi SHU dalam membuat produk berupa minuman serbuk kunyit instan, bahwa produk ini memiliki peluang ekonomi jika dikelola dengan baik karena sumberdaya bahan baku dasarnya yaitu kunyit banyak tersedia di sekitar kita dengan pelatihan ini akan memberikan pembekalan bagi para peserta agar bisa membuat produk yang dapat dipasarkan yang pada akhir akan mendatangkan keuntungan secara ekonomi karena dengan mengelola sendiri  akan diperoleh biaya produksi yang lebih murah dengan kualitas yang tetap baik. Dilanjutkan sambutan dari Bpk. Hartono Hutomo, STP., M.Ag sebagai ketua koperasi Selaras Hati Utama. Dalam sambutannya Bpk Hartono Hutomo STP., M.Ag menyampaikan rasa terimakasih kepada Universitas Pamulang yang telah memilih Koperasi Selaras Hati Utama yang di jadikan lokasi pelatihan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat. Belia menyampaikan juga bahwa Koperasi SHU ini dalam operasionalnya menjalin erat dengan forum UKM gunung sindur yang didalamnya beranggotakan berbagai pelaku ekonomi baik yang sudah lama menjalankan usahanya maupun yang baru mulai. Oleh karena itu oleh Karena itu beliau sampaikan kerjasama dengan kampus melalui program PKM untuk bisa memberikan pelatihan kepada anggota koperasi, para pelaku usaha maupun masyarakat pada umumnya ini sangat baik dan di koperasi SHU sangat berteimakasih atas pelatihan ini.

Acara selanjutnya adalah demonstrasi atau praktek pembuatan produk minuman serbuk kunyit instan, yang dipe\raktekan langsung oleh dosen PKM yaitu  Niera Feblidiyanti. ST., MM., yang di bantu oleh mahasiswa.

 

Kunyit                                 Gula Pasir                                Air Putih

Gambar 1. Bahan Baku Pembuatan Minuman Kunyit Serbuk Instan

Dengan pelatihan ini para peserta dari koperasi Selaras Hati Usaha akan dapat membuta produk sendiri di samapaikan juga oleh ibu Niera Feblidiyanti. ST., MM. untuk menambah pilihan rasa bagi para konsumen maka bisa di tambahkan aneka rasa seperti di tambah asam akan jadi kunyit asam, jika dipadukan dengan sereh akan di peroleh cita rasa sereh. Dengan demikian diharapakn produk ini akan lebih memikat para pelanggan karena selain segar juga ini dalah minuman herbal yang bisa menjaga kesehata tubuh.