Dalam rangka menanamkan semangat kewirausahaan kepada masyarakat khususnya para mahasiswa sebagai generasi muda, Universitas Pamulang (Unpam) dan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia bersama PT. IBM Indonesia menggelar seminar Pemasyarakatan Kewirausahaan dengan tema ‘Entrepreneur In Digital Era’ di Auditorium Unpam, Kamis(30/03/2017).

Acara tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Prakoso Budi Susetyo, Wakil Walikota Kota Tangerang Selatan(Tangsel), H.Benyamin Davnie, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat, Perwakilan dari PT. IBM Indonesia, Ketua Yayasan Sasmita, H. Darsono, Rektor UNPAM, Dayat Hidayat serta para peserta seminar yang terdiri dari seluruh Mahasiswa Unpam.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Prakoso Budi Susetyo dalam sambutannya mengatakan  bahwa kegiatan pemasyarakatan kewirausahaan merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam hal ini, Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk mendukung Indonesia Maju melalui peningkatan jumlah wirausaha.

Menurutnya, wirausaha adalah hal yang membanggakan karena bisa menciptakan lapangan kerja yang pada akhirnya bisa membantu mengurangi tingkat kemiskinan.

Prakoso menjelaskan kepada para mahasiswa bagaimana sudah saatnya mengubah pemikiran mendapatkan pekerjaan dengan menciptakan pekerjaan.

“Sekolah setinggi apapun, jangan bangga dengan ijazahnya. Tetapi sekolah apa pun harusnya mengubah mindset, yakni menciptakan pekerjaan. Kita ingin ubah mahasiswa sekarang. Kalau zaman dulu, pikirnya kuliah lalu kerja. Kalau sekarang kita ingin bagaimana setelah kuliah mencoba menciptakan pekerjaan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini dimana kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting, positif dan aktual, terutama dalam hal membangun kesadaran dan meningkatkan semangat  untuk membangun dunia kewirausahaan.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setingginya  dalam upaya dan dukungannya untuk melakukan kegiatan ini dimana kegiatan tersebut sangat penting dalam meningkatkan semangat masyarakat dalam berwirausaha,” ungkap Bang Ben sapaan akrabnya.

Benyamin  menjelaskan bahwa untuk menjadi wirausahaan berhasil, harus perlu ketekunan, kegigihan dan kerja keras. Prinsip “tidak mudah menyerah”, “jangan takut gagal” harus dijadikan moto atau semangat berwirausaha itu menjadi suatu tantangan dalam meraih kesuksesan,” pungkasnya.

Bang Ben melanjutkan bahwa Pemerintah Kota Tangsel dalam dunia kewirausahaan, telah memiliki kebijakan untuk mengembangkan bidang tersebut, karena berkembangnya kewirausahaan akan memiliki dampak terhadap kemajuan daerah, salah satunya pelatihan kepada para pelaku koperasi dan UKM.

Upaya ini menjadi penting karena Pemerintah Kota Tangsel menilai koperasi dan UKM mempunyai peranan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Tangsel. Oleh Karena Itu, Pemerintah berkomitmen untuk terus membina dan membantu para pelaku koperasi dan UKM yang ada di Kota Tangsel.

Diakhir sambutannya, Wakil Walikota Tangsel bersama Unpam dan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia melakukan MoU sebagai bukti komitmen Pemkot Tangsel terkait dengan Kewirausahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *