1. ANALISA PASAR

Melakukan analisa dan riset pasar

Deskripsi Kompetensi

Kompetensi ini memberikan pengetahuan dan melatih ketrampilan mahasiswa dalam melakukan analisa dan riset pasar dengan metodologi wawancara serta survey dan proses pelaporan temuan dilapangan, termasuk didalam analisis dan spesialisasi desain statistik. Kompetensi ini bermanfaat bagi mahasiswa yang nantinya melakukan pengumpulan informasi dan analisis data sebagai bagian utama dari peran untuk menganilasi dan melakukan riset pasar sebgai kemampuan di bidang kerja pemasaran dan bisnis

 

Kompetensi ini diberikan di Kurikulum Teknik Industri Universitas Pamulang dengan harapan bagi mahasiswa mampu menguasai bidang kerja pemasaran, komunikasi, pengembangan manajemen & bisnis, serta perencanaan strategis dan pengembangan perusahaan. Kompetensi ini bersifat kompetensi dasar, diperuntukan bagi mahasiswa yang belum memiliki kompetensi dasar maupun mahasiswa yang telah memiliki kompetensi dasar mengenai analisa pasar

 

Elemen Kompetensi

  1. Desk Research dalam mengumpulkan informasi latar belakang pasar

Indikator:

  • Melakukan Desk Research dengan menggunakan sumber yang aktual dan relevan untuk mengumpulkan informasi latar belakang pasar
  • Mengidentifikasi pilihan metode dan alat pemeriksaan untuk pengumpulan informasi
  • Menentukan dan meminta persetujuan untuk format pelaporan untuk dokumentasi riset pasar
  • Melaporkan temuan riset awal dalam format yang disetujui dengan prosedur perusahaan
  1. Mengembangkan metodologi dan tujuan penelitian

Indikator:

  • Mengembangkan hipotesis dan tujuan penelitian untuk riset pasar
  • Mengidentifikasi pilihan-piliahn untuk mengukur data
  • Mengidentifikasi metodologi riset pasar dan menentukan, mengembangkan, menguji dan mengubah alat survey yang diperlukan
  • Menentukan dan menguji metode pengmbilan, pengumpulan dan analisis data
  1. Merekrut Responden

Indikator:

  • Menafsirkan rencana riset pasar untuk mengidentifikasi responden yang potensial dan kebutuhan responden tersebut
  • Mengindentifikasi responden yang ssesuai dengan penelitian dan persyaratan perusahaan
  • Merekrut responden yang sesuai dengan metodologi penelitian yang telah disepakati dan persyaratan perusahaan
  1. Mengumpulkan data dan informasi dari responden

Indikator:

  • Mempersiapkan dan mengatur sumber daya untuk pengumpulan data
  • Mengumpulkan data dan informasi dengan menggunakan alat survey
  • Mencatat data dan informasi yang dikumpulkan dalam format yang disetujui, sesuai dengan prosedur perusahaan
  • Menyimpan dan melindungi informasi dan data survey sesuai dengan prosedur perusahaan
  1. Menganalisa Informasi Penelitian

Indikator:

  • Memeriksa kualitas data dan informasi yang dikumpulkan
  • Memilih teknik yang paling sesuai untuk merangkum data dan informasi
  • Merancang arsip perangkat lunak untuk memasukkan data dan informasi
  • Memproses data menggunakan metode yang paling tepat untuk perancangan penelitian
  • Menafsirkan dan menggabungkan data dan informasi, termasuk kategorisasi untuk menyediakan pengamatan yang relevan dengan tujuan penelitian
  1. Menyusun laporan penelitian

Indikator:

  • Menyusun dan mengkaji hasil temuan terkait relevansi dan kegunaannya dengan tujuan penelitian
  • Mempersiapkan laporan penelitian
  • Mengkomunikasikan hasil temuan penelitian kepada fungsi yang relevan dan Stakeholder

 

  1. EKONOMI TEKNIK

Menterjemahkan Informasi Keuangan

Deskripsi Kompetensi

Kompetensi ini memberikan gambaran pengetahuan dan melatih keterampilan untuk mencapai hasil kinerja yang dibutuhkan untuk menterjemahkan informasi dan laporan keuangan yang digunakan oleh perusahaan untuk memantau kinerja bisnis dan menginformasikan tentang aktivitas operasional atau departemen keuangan

Kompetensi ini diberikan dalam Kurikulum Teknik Industri Universitas Pamulang diharapkan agar mahasiswa dapat bekerja secara independen/mandiri atau bekerja dengan bimbingan yang terbatas dari orang lain, termasuk supervisor dan para manajer departemen. Kompetensi ini bersifat kompetensi dasar, diperuntukan bagi mahasiswa yang belum memiliki kompetensi dasar maupun mahasiswa yang telah memiliki kompetensi dasar mengenai ekonomi teknik

 

Elemen Kompetensi

  1. Mengakses dan Menerjemahkan informasi keuangan

Indikator:

  • Mengidentifikasi dan menginterpretasikan berbagai informasi dan laporan keuangan yang diperlukan oleh perusahaan untuk memantau kinerja bisnis
  • Menafsirkan informasi dan laporan keuangan yang berlaku untuk kegiatan operasional atau departemen
  1. Menggunakan dan menyajikan informasi keuangan
  • Meninjau informasi keuangan terhadap dampaknya pada kegiatan operasional dan mengambil tindakan yang sesuai dengan pemberdayaan individu
  • Menyajikan informasi aktivitas keuangan operasional dan departemen secara rutin

 

  1. KESELAMATAN KERJA

Kompetensi ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat berperan serta dalam program K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) untuk mengidentifikasi bahaya, pengujian dan pengendalian resiko

Deskripsi Kompetensi

Kompetensi ini memberikan pengetahuan dan melatih ketrampilan yang diperlukan oleh mahasiswa unuk dapat menjaga tempat kerja yang sehat dan aman melalui partisipasi dalam proses dan implementasi kesehatan dan keselamtan kerja (K3) melalui proses identifikasi bahaya, pengujian dan pengendalian risiko serta mempromosikan dan mendukung konsultasi pekerja terkait penerapan K3.

 

Kompetensi ini diberikan dalam Kurikulum Teknik Industri Universitas Pamulang diharapkan agar mahasiswa dapat membantu dalam mengidentifikasi bahaya, menguji dan mengendalikan risiko bahaya di tempat kerja sebagai bagian dari tanggung jawab K3 secara bersama-sama disamping tugas utama.

 

Elemen Kompetensi

  1. Berperan serta dalam identifikasi bahaya di tempat kerja
  • Berperan serta dalam memilih metode identifikasi bahaya yang sesuai dengan tempat kerja
  • Menggunakan metode yang dipilih untuk mengidentifikasi, melaporkan dan mencatat bahaya sesuai peraturan serta kode praktek di tempat kerja
  • Menyediakan informasi dan mendampingi individu yang melakukan identifikasi bahaya
  1. Berperan serta dalam pengujian risiko (K3)
  • Berperan serta dalam pemilihan metode pengujian risiko yang sesuai ditempat kerja
  • Menggunakan metode yang dipilih untuk menguji dan mencatat risiko yang sesuai dengan prosedur dan tindakan K3, peraturan dan kode praktek di tempat kerja
  • Memberikan informasi dan bantuan kepada orang yang melakukan pengujian risiko
  1. Mempromosikan dan mendukung konsultasi bagi pekerja dan peran serta dalam mengidentifikasi bahaya dan pengujian risiko
  • Memberikan arahan dan konsultasi kepada pekerja tentang identifikasi bahaya, dan aktivitas pengujian risiko, yang sesuai dengan kebijakan, prosedur dan proses konsultasi dan peran serta K3 di tempat kerja
  • Mendorong pekerja untuk berperan serta dalam kegiatan K3 yang sesuai dengan kebijakan, prosedur dan proses konsultasi dan peran serta K3 di tempat kerja
  • Memberikan arahan dan konsultasi kepada pekerja tentang hasil dan tujuan akhir dari kegiatan K3, yang sesuai dengan kebijakan, prosedur dan proses konsultasi dan peran serta K3 di tempat kerja
  1. Berperan serta dalam mengembangkan, memilih dan menerapkan pengendalian risiko (K3)
  • Memperoleh catatan dari hasil identifikasi bahaya dan pengujian risiko, dan menggunakannya untuk berperan serta dalam mengembangkan pilihan pengendalian risiko
  • Menerapkan pengetahuan tindakan K3, peraturan, kode praktek, informasi dan pedoman lainnya, serta kebijakan, prosedur dan proses tempat kerja untuk mengidentifikasi petugas yang tepat
  • Beperan serta dalam memilih pilihan pengendalian risiko dengan menggunakan kriteria yang sesuai
  • Mengidentifikasi dan melaporkan factor yang menghambat keberhasilan pelaksanaan pengendalian risiko yang telah dipilih
  • Berperan serta dalam pengembangan implementasi pengendalian risiko dan rencana evaluasi (K3)
  • Memberikan informasi tentang rencana pelaksanaan dan evaluasi (K3) kepada individu dan berbagai pihak di perusahaan
  1. Mendukung konsultasi pekerja dan partisipasi yang efektif dalam proses pengendalian risiko
  • Memberikan arahan dan konsultasi kepada pekerja tentang pengembangan pilihan pengendalian risiko dan pemilihan dan penggunaan kendali risiko, yang sesuai dengan kebijakan, prosedur dan proses konsultasi dan peran serta K3 di tempat kerja
  • Mendorong pekerja untuk berperan serta dalam kegiatan K3, yang sesuai dengan kebijakan prosedur dan proses konsultasi dan peran serta K3 di tempat kerja.

 

  1. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Kompetensi ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengelola kebijakan sumber daya manusia (SDM)

Deskripsi Kompetensi

Kompetensi ini memberikan pengetahuan dan melatih ketrampilan untuk mencapai hasil kinerja yang diperlukan untuk merencanakan dadn mengelola sumber daya manusia (SDM). Kompetensi ini berguna bagi manajer yang bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan sumber daya manusia (SDM) pada perusahaan. Kompetensi ini melibatkan segala hal yang diperlukan oleh mahasiswa untuk memberdayakan tingkat staf, mengawasi kinerja staf, mengidentifikasi dan meminimalkan masalah hubungan industrial yang berpotensi serta mengembangkan dan melaksanakan rencana pelatihan

 

Kompetensi ini diberikan dalam Kurikulum Teknik Industri Universitas Pamulang diharapkan agar mahasiswa dapat mengimplementasikan kompetensinya dalam bekerja pada bidang pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) atau berada pada tingkat manajerial.

 

Elemen Kompetensi

  1. Memberdayakan karyawan tingkat staf
  • Memelihara dan memantau kebijakan dan prosedur perusahaan yang berhubungan dengan karyawan di tingkat staf
  • Memelihara rencana kepegawaian yang melibatkan keseluruhan operasional perusahaan
  • Memastikan rencana kepegawaian perusahaan secara komprehensif, ringkas dan mudah dipahami oleh staf dan manajemen
  • Mendasari semua fungsi kepegawaian dengan informasi yang akurat dan terkini
  • Mengembangkan alternatif rencana dalam mengatasi situasi yang ekstrim
  • Mengidentifikasi, menganalisis dan memperbaiki masalah turnover staf sesuai dengan kebijakan dan persyaratan perusahaan
  1. Memantau kinerja staf
  • Menganalisa, memantau dan memelihara kebijakan dan prosedur perusahaan terhadap standar kinerja staf yang dibutuhkan oleh perusahaan
  • Melakukan pengukuran dan pengujian kinerja serta konseling terhadap staf sesuai dengan kebijakan perusahaan
  • Memberikan penjelasan dan umpan balik yang konstruktif terhadap kinerja sesuai dengan tingkat dan kecepatan anggota tim
  • Mengakui prestasi dan kinerja staf, serta mendorong untuk terus berkontribusi terhadap pengukuran kinerjanya
  • Mendukung individu dan berkontribusi dalam memperbaiki kebijakan dan prosedur perusahaan
  • Mendisiplinkan dan mengarahkan staf sesuai dengan kebutuhan dan peraturan perusahaan
  • Menerapkan proses dan ketentuan pemecatan staf, sesuai dengan kebijakan, prosedur dan peraturan perusahaan dan undang-undang
  • Menyelenggarakan wawancara akhir/ exit interview karyawan, sesuai dengan kebijakan, prosedur dan peraturan perusahaan dan undang-undang
  • Mencatat secara terperinci, akurat dan lengkap semua prosedur yang tersedia dan berkaitan dengan personal
  1. Mengidentifikasi dan meminimalkan masalah hubungan industrial yang berpotensi
  • Mengembangkan dan menerapkan strategi yang berhubungan dengan konflik interpersonal dan penyelesaian sengketa, sesuai dengan kebijakan dan prosedur perusahaan
  • Mendorong konsultasi dan kerjasam tim secara aktif
  • Memberikan arahan konstruktif untuk menyelesaikan masalah atau konflik interpersonal muncul
  • Mengkomunikasikan secara akurat dalam penyelesaian sengketa dan keluhan anggota tim sesuai dengan prosedur dan peraturan perusahaan
  • Mencatat rincian proses dan kewenangan petugas secara konsisten dan akurat
  • Memperlakukan anggota tim dengan rasa hormat dan pengakuan
  1. Mengembangkan dan melaksanakan rencana pelatihan
  • Mengembangkan tujuan pelatihan dan kegiatan berdasarkan pengujian kompetensi yang ada terhadap kompetensi, potensi kompetensi, harapan karir individu dan anggota tim sesuai dengan kebijakan perusahaan
  • Mengulas, memperbaharui, dan meningkatkan rencana pelatihan dalam konsultasi secara berkala dengan staf dan manajemen
  • Memastikan rencana pelatihan secara jelas dan memiliki yang realistis
  • Mendorong dan membantu individu untuk mengevaluasi pengembangan dan pelatihan sesuai kebutuhan karyawan dan memberikan kontribusi untuk perencanaan dan ulasan pengembangan sumber daya manusia
  • Merencanakan kegiatan pelatihan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia
  • Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan menggunakan informasi yang akurat dan terkini
  • Mendefinisikan kebutuhan pelatihan secara jelas yang berkaitan dengan kompetensi khusus yang diperlukan untuk melakukan peran atau fungsi tertentu
  • Menyediakan informasi pelatihan yang berkelanjutan untuk semua staf
  • Mendelegasikan tanggung jawab untuk pelatihan staf khusus
  • Mendokumentasikan kebutuhan pelatihan yang direncanakan dan tujuan yang khusus
  • Menentukan penggunaan dan memonitor anggaran yang digunakan untuk pelatihan dapengujian staf sesuai dengan kebijakan perusahaan

 

  1. PERANCANGAN INDUSTRI JASA

Kompetensi ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat melakukan perencanaan perusahaan berbasis industri layanan jasa

Deskripsi Kompetensi

Kompetensi ini memberikan pengetahuan dan melatih ketrampilan mahasiswa untuk meneliti dan mengembangkan rencana bisnis terpadu untuk mencapai tujuan dan sasaran bisnis terpadu untuk mencapai tujuan dan sasaran bisnis

 

Kompetensi ini diberikan dalam Kurikulum Teknik Industri Universitas Pamulang diharapkan agar mahasiswa dapat memulai menjalankan perusahaan baik tingkat usaha perorangan (usaha kecil) ataupun menengah. Baik beroperasi secara independen, atau merupakan anak perusahaan yang lebih besar. Individu dengan kompetensi ini dinyatakan kompeten dalam peran ini menginterpretasikan informasi bisnis dan data numeric untuk kebutuhan perencanaan perusahaan. Kompetensi ini bersifat dasar dan tidak memerlukan kompetensi sejenis ataupun yang lebih tinggi sebagai prasyarat.

 

Elemen Kompetensi

  1. Mengidentifikasi unsur-unsur perencanaan bisnis
  • Mengidentifikasi tujuan dari renacna bisnis
  • Mengidentifikasi dan meninjau komponen penting dari rencana bisnis
  • Mengidentifikasi dan mendokumentasikan tujuan dan sasaran bisnis sebagai dasar untuk mengukur kinerja bisnis
  1. Mengembangkan rencana bisnis
  • Meneliti sumber-sumber, persyaratan hukum dan peraturan, khususnya dalam kaitannya dengan kesehatan dan keselamatan kerja (K3), sesuai dengan tujuan dan visi bisnis
  • Kebutuhan penelitian pasar dan ukuran serta potensi pasar
  • Mengidentifikasi sumber dan biaya serta rencana keuangan, untuk menyediakan likuiditas yang diperlukan dan profitabilitas bisnis
  • Mengidentifikasi metode dan strategi pemasaran, untuk mempromosikan eksposur pasar bisnis
  • Mengidentifikasi metode atau alat-alat produksi atau operasi dari perencanaan produksi atau operasi untuk menyesuaikan dengan tujuan bisnis
  • Mengidentifikasi kebutuhan staf secara efektif untuk menghasilkan atau memberikan produk dan layanan
  • Mengidentifikasi, menguji dan memprioritaskan risiko internal dan eksternal
  • Mengidentifikasi layanan khusus dan sumber saran yang diperlukan dan biaa yang sesuai dengan sumber dana yang tersedia
  1. Mengembangkan strategi untuk meminimalkan risiko
  • Mengidentifikasi kepentingan dan tujuan orang yang relevan spesifik dan mencari dan mengkonfirmasi dukungan mereka dari arah bisnis yang direncanakan
  • Mengidentifikasi dan mengembangkan strategi manajemen risiko sesuai dengan tujuan bisnis dan persyaratan hukum yang relevan
  • Mengembangkan rencana kontigensi untuk mengatasi kemungkinan area ketidaksesuaian dengan rencana awal

 

 

  1. PSIKOLOGI INDUSTRI

Meninjau fungsi sumber daya manusia (SDM)

Deskripsi Kompetensi

Kompetensi ini memberikan pengetahuan dan melatih ketrampilan mahasiswa untuk melakukan evaluasi yang mendukung kinerja setiap fungsi di berbagai bidang fungsional SDM

 

Kompetensi ini diberikan dalam Kurikulum Teknik Industri Universitas Pamulang diharapkan agar mahasiswa dapat memahami fungsi sumberdaya manusia (SDM), seperti yang terkait dengan kerangka kebijakan dan persyaratan administratfi untuk mendukung fungsi dan kebijakan perusahaan. Kompetensi ini bersifat dasar dan tidak memerlukan kompetensi sejenis ataupun yang lebih tinggi sebagai prasyarat.

 

Elemen Kompetensi

  1. Mengamati fungsi sumber daya manusia
  • Ulasan strategi bisnis dan strategi sumber daya manusia, mengklarifikasi masalah sumberdaya manusia untuk diperiksa, dan mendokumentasikan lingkup tinjauan
  • Megidentifikasi daerah, Negara bagian atau wilayah, nasional dan jaringan sumber daya manusia internasional untuk professional sumber daya manusia
  • Mengidentifikasi sumber informasi untuk data sumber daya manusia dan informasi
  • Memilih strategi penelitian yang sesuai dengan topic dan berkonsultasi dengan personil yang relevan
  • Melakukan penelitian dan ulasan penelitian temuan
  1. Meninjau kebijakan dan prosedur kerangka peninjauan
  • Mencari kebijakan dan prosedur yang relevan bagi perusahaan
  • Menganalisa kekuatan dan kelemahan dari kebijakan dan prosedur
  • Pertimbangkan undang-undang, peraturan dan standar yang berlaku untuk kebijakan dan prosedur perusahaan
  • Mengidentifikasi masalah keberlanjutan yang berhubungan dengan fungsi sumber daya manusia
  1. Menerapkan kerangka etika
  • Meninjau persyaratan etika yang terkait dengan fungsi sumber daya manusia dalam peninjauan
  • Mempertimbangkan kewajiban etis personil sumber daya manusia yang bekerja di daerah yang ditinjau
  • Mendokumentasikan perilaku yang berkaitan dengan etika kerja pada area yang ditinjau
  1. Menganalisa metric sumber daya manusia
  • Memilih teknologi yang tepat untuk mengumpulkan data tenaga kerja dan informasi untuk meninjau fungsi sumber daya manusia
  • Mengidentifikasi sumber data tenaga kerja
  • Menyusun dan menganalisis data dan mentetapkan tren kunci dan informasi pentin
  1. Melaporkan hasil pengamatan
  • Mengidentifikasi opsi perubahan yang sesuai dengan budaya perusahaan, dan perubahan yang dapat menghambat
  • Menyusun, menganalisa dan mendokumentasikan temuan utama dari peninjauan
  • Menulis laporan hasil penelitian
  • Mengembangkan rekomendasi perubahan