Universitas Pamulang – Untuk menyambut awal perkuliahan semester genap tahun akademik 2020-2021, Tim Laboratorium Teknik Industri mengadakan kegiatan Sosialisasi mengenai sistematis pelaksanaan praktikum pada Reguler A, B, dan C pada hari Minggu 28 Februari 2021, jam 10 Pagi. Pada kegiatan ini Tim Laboratorium memberikan pengarahan kepada perwakilan mahasiswa Reguler A, B, dan C untuk terkaitnya sistematis terbaru tata cara pelaksanaan praktikum yang telah di pembaharui. Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan via online (Gmeet) yang dipimpin oleh Ilham Arif dan Cindra Puspa selaku Aslab Teknik Industri, dan dihadiri oleh ketua Lab Teknik Industri Bapak Adi Candra, S.T., M.T., segenap dosen praktikum serta Asisten Laboratorium.

Pak Adi Candra selaku Ketua Lab yang mengisi pengarahan tersebut memberikan beberapa arahan mengenai sistem pratikum online yang telah di pembaharui. Pertama, beliau menjelaskan terkaitnya alur pelaksanaan e-learning yang akan dilakukan pada semester genap ini secara umum, yakni langkah pertama praktikan perlu menjawab soal Pretest, mendownload modul praktikum, membuka link, artikel dan video pembelajaran praktikum, mengikuti forum diskusi e-learning serta menjawab soal Posttest untuk mengakhiri rangkaian e-learning pada pertemuan tersebut. Kedua, Pak Adi menjelaskan terkait pelaksanaan sistematis pengambilan input data untuk tugas kelompok dan install software aplikasi dapat dilakukan secara offline ke laboratoriun, diwakilkan oleh perwakilan kelompok maksimal 3 atau 4 praktikan saja dan wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dari pihak Tim Laboratorium Industri.

Selanjutnya, dilakukan perkenalan 6 Departemen Lab Industri yang disampaikan oleh Zamrud Falaq dan Tri Prahasta selaku perwakilan Aslab Teknik Industri. Dimana dari 6 departemen lab Industri tersebut terdiri dari Departemen Lab Kimia Industri (mengampu praktikum Kimia Industri), Departemen Lab Prosman (mengampu praktikum Proses Manufacture dan praktikum P3), Departemen Lab Pemrograman dan Simulasi (mengampu praktikum Dasar Pemrograman Komputer, praktikum Statistik Industri dan praktikum Pemodelan dan Simulasi Sistem), Departemen Lab APK dan E (mengampu praktikum APK dan praktikum Ergonomi), Departemen Sistem Produksi (mengampu praktikum OR dan praktikum Sistem Produksi), serta Departemen POBIS. Selain itu, diberikan pengarahan mengenai sistematis penilaian pratikum perdepartemen secara umum terdapat 4 poin penilaian diantaranya:
1. Absensi (Diskusi forum e-learninh)
2. Tugas (Pre test dan Post test, serta sikap dan etika praktikan selama praktikum berlangsung)
3. UTS (Tugas Kelompok/Tugas Individu/video Screen Record/Produk)
4. UAS (Tugas Kelompok/Tugas Individu/video Screen Record/Produk)
Untuk poin ketiga dan keempat tergantung kebijakan masing-masing departemen lab.

Dengan disampaikan mengenai sistematis pelaksanaan praktikum ini diharapkan pada semester genap tahun akademik 2020-2021 praktikan dapat mengikuti praktikum dengan baik serta dapat menerima proses pembelajaran praktikum menjadi lebih optimal kedepannya.

1,462 Thoughts on “Sosialisasi Sistematis Pelaksanaan Praktikum Semester Genap 2020-2021 Laboratorium Teknik Industri, Universitas Pamulang”