IMPLEMENTASI PENELITIAN DAN PKM MENUJU INFRASTRUKTUR HIJAU DAN PEMBANGUNAN KEBERLANJUTAN

 

Pada tanggal 5 Juli 2024, Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang dengan sukses telah melaksanakan kegiatan Diseminasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diikuti oleh 100 peserta. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom dan disiarkan langsung melalui YouTube dengan tema “Implementasi Penelitian dan PkM Menuju Infrastruktur Hijau dan Pembangunan Berkelanjutan.”

Acara dibuka oleh MC Bu Niera Feblidiyanti, S.T., M.M dan diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak M Mualif, S.Pd., M.Pd. Doa tersebut menjadi pembuka yang khidmat dan penuh harapan untuk kelancaran acara. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan resmi oleh Ketua Program Studi Teknik Industri, Ibu Dr Rini Alfatiyah, S.T., M.T., CMA. Dalam sambutannya, Ibu Dr Rini Alfatiyah menekankan pentingnya peran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, serta komitmen universitas dalam mendorong inovasi yang ramah lingkungan.

Setelah sambutan, acara memasuki sesi inti yaitu pemaparan materi diseminasi. Sesi ini dipandu oleh moderator Bapak Yudi Maluana, S.T., M.T., M.Kom, yang dengan piawai mengatur jalannya diskusi. Pembicara utama dalam sesi ini adalah Bapak Dr Eng, Ir Mairizal, S.T., M.T., IPU, yang memaparkan hasil penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan. Materi yang disampaikan meliputi berbagai inovasi dalam pengembangan infrastruktur hijau, efisiensi energi, serta pendekatan-pendekatan baru dalam pengelolaan limbah yang dapat diterapkan dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

Peserta yang hadir sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi pemaparan, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab interaktif. Diskusi yang terjadi memperlihatkan tingginya minat dan kepedulian peserta terhadap isu-isu lingkungan dan keberlanjutan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan menambah dinamika dan memperkaya wawasan semua peserta mengenai implementasi infrastruktur hijau.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang sekali lagi menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Semoga kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di masa mendatang, memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan, serta menginspirasi lebih banyak pihak untuk terlibat dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan.