Tangerang, 25 Juni 2024 – Pada tahun akademik 2023/2024 semester genap, dosen Program Studi Teknik Industri dari sebuah perguruan tinggi terkemuka melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Desa Mekarsari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini merupakan hasil dari kerja sama yang dijalin antara Kaprodi Teknik Industri dan Kepala Desa Mekarsari, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Selama tiga hari berturut-turut, kegiatan PKM yang bertema “Pelatihan Proses Produksi Sabun Cuci Piring Untuk Meningkatkan Minat Usaha di Desa Mekarsari Kecamatan Rajeg” ini dilaksanakan dengan antusiasme yang tinggi dari warga. Ketua kegiatan PKM, Agus Mulyono, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membantu ibu rumah tangga meningkatkan penghasilan dengan membuat sabun cuci piring sendiri. “Kami berharap produk ini nantinya dapat dijual di masyarakat sekitar, sehingga bisa memberikan tambahan penghasilan bagi ibu-ibu di Desa Mekarsari,” ujarnya.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi tinggi dari Kepala Desa Mekarsari, Hj. Fadlah, S.E. Ia menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga desa. “Dosen yang datang ke desa kami tidak hanya memberikan teori, tetapi juga langsung mempraktikkan cara pembuatan sabun cuci piring bersama ibu-ibu di sini. Semoga ibu-ibu di Desa Mekarsari dapat mengembangkan produk sabun cuci piring ini dan memanfaatkannya untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, para peserta diajak untuk melakukan praktik langsung pembuatan sabun cuci piring dengan takaran yang telah ditentukan oleh tim dosen Teknik Industri, yaitu Agus Mulyono, Junaidi, dan M. Mualif. Para dosen ini dengan sabar membimbing peserta dalam setiap langkah pembuatan sabun, mulai dari pencampuran bahan hingga proses pengemasan.

Semangat dan antusiasme yang ditunjukkan oleh warga Desa Mekarsari selama kegiatan ini sangat menginspirasi. Mereka berharap pelatihan seperti ini dapat diadakan secara rutin untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan dan potensi ekonomi desa. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat menjadi awal dari transformasi positif bagi Desa Mekarsari, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Diharapkan kegiatan serupa dapat terus berlanjut dan berkembang di masa mendatang, sehingga manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dapat semakin besar dan meluas. Kerjasama antara institusi pendidikan dengan masyarakat lokal ini menjadi contoh konkret bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi dapat diterapkan secara langsung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.