Tangerang, 30 Mei 2024 – Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan kebersihan dan sanitasi lingkungan, dosen-dosen dari Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Pine Oil untuk Meningkatkan Hygiene dan Sanitasi Bank Sampah Benua Hijau, Perumahan Benua Indah, Tangerang”. Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 23 hingga 25 Mei 2024, di Bank Sampah Benua Hijau, perumahan Benua Indah, Kota Tangerang. Sasaran utama kegiatan ini adala warga Perumahan Benua Indah yang telah merasakan dampak nyata kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema yang berbeda pada semester sebelumnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Rusmalah, ST., MT., Wanto Sarwoko, ST., MT. selaku pemakalah, dan Wahyudin, ST., MM. selaku narasumber disambut antusias oleh seluruh warga Kelurahan Pabuaran Tumpeng. Dalam sambutannya, Ketua bank Sampah Benua Hijau, Ibu Sariningsih, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif dari Universitas Pamulang dalam menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat. Ia berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat terus diadakan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih luas kepada masyarakat. “Alhamdulillah kami sangat bersyukur wilayah kami dijadikan tempat pengabdian kepada masyarakat oleh para dosen teknik industri Universitas Pamulang karena memberikan banyak manfaat bagi warga kami. Dari kegiatan sebelumnya, kami dapat memiliki usaha kecil mandiri yang dilakukan secara swadaya dan menghasilkan profit bagi warga.  Sekali lagi terima kasih banyak kepada para dosen teknik industri Universitas Pamulang semoga kerjasama ini dapat terus terjalin dan berkelanjutan.” ujar Ibu Sariningsih dalam sambutannya.

Selain itu, Ketua Program Studi Teknik Industri, Universitas Pamulang, juga memberikan sambutannya dan menyampaikan tujuan dari kegiatan ini. Beliau menjelaskan bahwa tujuan penyuluhan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pemanfaatan pine oil untuk dijadikan produk carbol, sebuah produk pembersih yang dapat digunakan untuk meningkatkan kebersihan dan sanitasi lingkungan. Diharapkan produk carbol juga akan memberikan nilai tambah sebagai produk baru pada usaha kecil mandiri yang telah dijalankan warga. Dalam kesempatan tersebut Dr. Rini Alfatiyah, ST, MT., CMA meyampaikan, “Insya Allah program studi teknik industri Universitas Pamulang akan terus konsisten melakukan pengabdian kepada masyarakat yang dapat memenuhi kebetuhan dan menunjang kemandirian masyarakat.”

Selama kegiatan, peserta diperkenalkan dengan berbagai bahan baku yang digunakan dalam pembuatan carbol serta diberikan informasi mengenai tempat pembelian bahan-bahan tersebut. Mereka juga mendapatkan pelatihan dan praktek langsung dalam pembuatan carbol. Selain itu, ada juga pelatihan mengenai pengemasan dan desain etiket untuk produk-produk pembersih. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan sangat lancar dan mendapat antusiasme yang tinggi dari warga Kelurahan Pabuaran Tumpeng. Masyarakat yang hadir terlihat sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka aktif mengajukan pertanyaan seputar materi yang disampaikan, dan diskusi pun berlangsung dengan sangat interaktif. Acara ini ditutup dengan sesi foto bersama serta ramah tamah antara peserta dan tim dosen yang terlibat dalam kegiatan ini. Para peserta mengungkapkan rasa terima kasih kepada Universitas Pamulang dan Program Studi Teknik Industri atas pengetahuan yang mereka dapatkan melalui kegiatan ini.

 

Dalam era kebersihan dan kesehatan menjadi hal yang sangat penting, kegiatan seperti ini memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan kebersihan dan sanitasi. Universitas Pamulang sebagai lembaga pendidikan terus berkomitmen untuk berperan aktif dalam pengabdian kepada masyarakat dan memberikan manfaat nyata bagi kehidupan sehari-hari.