Desa Mekarsari merupakan Desa yang terletak di Kecamatan Rajeq, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Desa Mekarsari ini memliki luas wilayah 5,700 (Km²) dengan Prsentase (10,62 %). Desa Mekarsari ini di Kepalai Oleh Kepala Desa Yaitu Ibu Fadlah SE. Desa Mekarsari ini Memliki 116 Rt, Dan 8 dan prasanan perpustakaan Desa Mekarsari. Secara geografis Desa Mekarsari ini memiliki daerah persawahan 1,928 (ha) dan daerah daratan 3,772 (ha). Dengan total jumlah wilayah 5,700 (Km²). Adapun kondisi penduduk Desa Mekarsari sendiri banyak masyarakat yang masih bekerja sebagai buruh PT, ada juga beberapa ASN, serta bekerja sebagai pedagang dan pelaksana UMKM setempat.

Pada saat diksusi perwakilan Dosen Universitas Pamulang Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri yang diwakili oleh Bapak Khasbunalloh, S.T., M.T dengan Ibu Ibu Fadlah SE, selaku  Kepala Desa Mekarsari, kami dihadapkan dengan beberapa permasalahan sejak melakukan observasi. Adapun permasalahan yang kami hadapkan adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Pendidikan
  2. Bidang Lingkungan, Pembangunan dan kesehatan
  1. Bidang Ekonomi den Pemberdayaan
  2. Bidang Keagamaan
  3. Bidang Teknologi
  4. Bidang Pemerintahan

 

Melihat kebutuhan masyarakat yang tersebut maka Dosen Universitas Pamulang melakukan pengabdian kepada masyarakat di desa tersebut dengan judul “Pelatihan Proses Pembuatan Sabun Cairan Cuci Piring Untuk Meningkatkan minat usaha Masyarakat di Desa Mekarsari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang – Banten”.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan di aula kantor Desa  Mekarsari, Kec. Rajeg kab Tangerang, yang berlangsung selama 3 hari yaitu dari Tanggal 19 Mei 2024.

Dosen yang terlibat dalam PKM ini adalah  Sudewo , S.T., M.T.  sebagai ketua pengusul, Khasbunalloh, S.T., M.T. dan Dr. Eng. Mairizal, ST., M.T sebagai anggota, serta 3 orang mahasiswa yang terlibat dalam PKM ini yaitu Azzahra Cendy Asmara Dewi, Endah Puspitasari, Siti Nur Lamtari.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan melalui beberapa rangkaian acara pertama-tama pembukaan acara dilaksanakan oleh Moderator  Bapak Wanto Sarwoko, ST., MT Kemudian kata sambutan dari Kepala desa Ibu Fadlah, SE, dalam sambutanya mengatakan bahwa pelatihan proses pembuatan cairan sabun cuci piring ini sangat berguna bagi masyarakat setempat mengingat masyarakat sudah lama mengharapkan adanya pelatihan dalam menciptakan inovasi usaha kecil di lingkingan sekitar. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua pengusul PKM, yang disampaikan oleh Bapak Sudewo , ST., MT. sekaligus penyampaian materi , dalam hal ini mengucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu kepala desa Ibu Fadlah, SE beserta staf nya, ketua RT dan RW yang telah memberikan kesempatan untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Serta disampaikan juga ucapan terimakasih kepada seluruh peserta dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan PKM tersebut, yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi dan juga praktek pembuatan Produk Sabun Cairan Cuci Piring.

Materi yang disampaikan adalah bagaimana cara untuk meproduksi sabun caran cuci piring yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau dengan memberikan pengetahuan  teori  dan juga praktek, Adapun praktek pembuatan nya memerlukan matrial segbai berikut : air hangat 10 liter, air dingin 10 liter, texaphon 2 kg, Sodium Sulfate 200 gram, NaCL 1 kg, Citrid Acid 200 gram, Atin Soft 500 ml, Labs 1 kg, EDTA 10 gram, Soda Api 0,5 kg, Fixatin 10 ml, Pewarna Makanan 1 botol, parfum jeruk nipis  100 ml.

Kemudian dilanjutkan dengan  praktek pembuatan produk sabun cuci piring yang diikuti oleh seluruh peserta dan dipandu langsung oleh ketua PKM Bapak Sudewo, ST., MT. dan  Nara sumber Bapak Khasbunalloh, ST., MT. serta Bapak Dr. Eng. Mairizal, ST., MT.

Selesainya acara pelatihan  tersebut ketua PKM Bapak Sudewo, ST., MT. mengucapkan terimakasih kepada semua peserta dan masyarakat sekitar atas partisipasinya semoga ilmu yang disampaikan dapat memberikan maanfaat bagi warga diwilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang – Banten.***