Laboratorium Analisa Perancangan Kerja dan Ergonomi (APK & E)

Laboratorium Analisa Perancangan Kerja dan Ergonomi (Lab APK & E) merupakan laboratorium yang berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan praktikan dalam memahami materi yang telah dipelajari sebelumnya pada mata kuliah Analisa Perancangan Kerja 1 (APK 1), Analisa Perancangan Kerja 2 (APK 2), serta mata kuliah Ergonomi Industri. Adapun praktikum yang terdapat pada Laboratorium Analisa Perancangan Kerja dan Ergonomi, yakni:

  1. Praktikum Analisa Perancangan Kerja

Pada praktikum ini mencangkup beberapa materi pembahasan, yakni pertama pembahasan mengenai peta-peta kerja, baik peta kerja setempat dan peta kerja keseluruhan. Kedua, pembahasan mengenai pengukuran waktu baku secara langsung dengan metode jam henti atau Stopwatch time study dengan memperhatikan beberapa faktor penyesuaian dan kelonggaran dengan metode Shumard dan Westinghouse. Ketiga, pembahasan mengenai penginderaan dan informasi dalam pembuatan sebuah desain visual display. Terakhir pembahasan mengenai anthropometri dengan cara mengukur dimensi beberapa bagian tubuh manusia untuk merancang sebuah produk yang sesuai dengan postur tubuh dengan memperhatikan standar deviasi dan nilai persentil.

  1. Praktikum Ergonomi

Pada praktikum ini mencangkup beberapa materi pembahasan, yakni pertama pembahasan mengenai dasar ilmu ergonomi industri, dan mengenalkan alat-alat yang digunakan selama praktikum berlangsung. Kedua, pembahasan mengenai identifikasi lingkungan kerja yang berkaitan dengan pencahayaan dan kebisingan menggunakan bantuan alat sound level meter dan Light meter. Ketiga, pembahasan mengenai analisa tentang postur kerja dengan metode Recommended Weight Limit (RWL), Rapid Upper Limb Body Assesment (RULA) & Rapid Entire Limb Body Assesment (REBA). Keempat, pembahasan mengenai biomekanika kerja untuk mengetahui berapa persen kenaikan denyut nadi manusia sebelum melakukan kegiatan dibandingkan denyut nadi setelah melakukan aktivitas. Kelima, pembahasan mengenai Fisiologi kerja yang bertujuan untuk mengetahui jumlah konsumsi energi dan oksigen saat melakukan aktivitas. Terakhir, pembahasan mengenai Indeks Massa Tubuh (IMB) dan Basal Metabolic Rate (BMR).

Penelitian

Penelitian dilakukan oleh praktikan atau mahasiswa/i Program Studi Teknik Industri yang sedang melakukan praktikum, tugas akhir, ataupun penelitian dosen yang hasilnya untuk dipublikasikan pada di Proceeding Seminar, Proceeding Simposium maupun Jurnal Teknik Industri.

Pelatihan

Pelatihan pada Laboratorium Analisa Perancangan Kerja dan Ergonomi ini meliputi:

  1. Pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft Visio;
  2. Pelatihan mengukur waktu baku dengan metode Stopwatch time study;
  3. Pelatihan pengukuran dimensi tubuh manusia dengan kursi anthropometri;
  4. Pelatihan penggunaan alat praktikum ergonomi;
  5. Pelatihan untuk mengukur jarak dan sudut untuk menganalisa postur kerja tubuh.

Sekretariat:

Gd. Laboratorium Teknik Industri, Kampus 3 Witanaharja, Universitas Pamulang.

Kepala Lab. APK & E                                 : Syahreen Nurmutia, S.T., M.T

Ka. Praktikum Analisa Perancangan Kerja   : Neng Ita Rosita

Ka. Praktikum Ergonomi Industri                : Tri Prahasta

Anggota Laboratorium APK & E                 : Puspita Sari