Pada tanggal 1 Juni hingga 3 Juni 2024, Desa Serdang Kulon yang terletak di Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, menjadi saksi pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Membangun Kemandirian Ekonomi Masyarakat Desa Serdang Kulon melalui Pelatihan dan Pendampingan Teknik Pengelasan SMAW untuk Pembuatan Produk-Produk Berbahan Besi (Tangga, Pintu, Teralis)”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat melalui pelatihan dan pendampingan dalam teknik pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding), yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan memberikan peluang usaha baru bagi warga desa.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak penting yang memberikan dukungan penuh terhadap keberlangsungan kegiatan. Kepala Desa Serdang Kulon, Bapak Aden Sukarna, S.Sos, membuka acara dengan sambutan yang hangat dan penuh semangat. Beliau menekankan pentingnya kemandirian ekonomi dan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat desa.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kaprodi Teknik Industri Universitas Pamulang, Dr. Rini Alfatiyah, ST., MT. Beliau menyampaikan apresiasi atas kolaborasi antara universitas dan masyarakat desa, serta menekankan peran pendidikan tinggi dalam mendukung pengembangan keterampilan masyarakat.

Ketua PKM, Iip Muhlisin, S.T., M.T., juga memberikan sambutan yang berfokus pada tujuan dan harapan dari kegiatan PKM ini. Ia berharap pelatihan dan pendampingan yang diberikan dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan potensi lokal dan menciptakan peluang usaha baru.

Tim pelaksana dan narasumber PKM, Yudi Maulana, S.T., M.T., memberikan materi dan demonstrasi teknik pengelasan SMAW dengan sangat baik. Beliau menjelaskan secara rinci langkah-langkah pengelasan dan memberikan contoh langsung pembuatan produk berbahan besi seperti tangga, pintu, dan teralis.

Koordinator PKM mahasiswa, Alfarys Amyos Jalu, turut hadir dan berperan aktif dalam mendampingi peserta selama pelatihan berlangsung. Kehadiran karang taruna dan ibu-ibu PKK juga menambah semarak acara, menunjukkan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat.

Kegiatan PKM ini berjalan lancar dan tertib, dengan antusiasme tinggi dari para peserta. Mereka sangat aktif dalam mengikuti setiap sesi pelatihan dan tidak ragu untuk bertanya serta mencoba langsung teknik-teknik yang diajarkan. Melalui kegiatan ini, para peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru yang diharapkan dapat membantu mereka dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Secara keseluruhan, kegiatan PKM ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Desa Serdang Kulon. Pelatihan dan pendampingan yang diberikan diharapkan dapat membuka peluang usaha baru dan menciptakan kemandirian ekonomi di desa tersebut. Semangat dan antusiasme para peserta menunjukkan bahwa dengan dukungan yang tepat, masyarakat dapat berkembang dan maju bersama.