Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang melakukan PKM di Bank Sampah Benua Hijau Kelurahan Pabuaran Tumpeng Kota Tangerang. Kegiatan merupakan intergrasi kelompok PKM oleh dari Prodi Teknik Industri yaitu pembuatan sabun karbol. Dengan memberi pelatihan membuat sabun karbol diharapkan menjadi salah satu usaha menambah penghasilan di Bank Sampah Benua Hijau. Dalam menciptakan usaha yang sukses tidak hanya memerlukan kemampuan dalam menciptakan produk, tetapi juga kemampuan dalam mengelola usaha tersebut secara berkelanjutan. Manajemen usaha yang baik sangat penting untuk keberlangsungan hidup usaha, termasuk di dalamnya adalah pencatatan keuangan yang akurat dan sistematis. Pencatatan keuangan yang baik akan bermanfaat bagi usaha di Bank Sampah Benua Hijau, terutama dalam pengambilan keputusan yang tepat dan strategis.

Salah satu laporan keuangan yang penting adalah laporan laba rugi. Laporan ini berfungsi sebagai tolok ukur keberhasilan dalam menjalankan usaha, dengan menunjukkan pendapatan, biaya, dan keuntungan atau kerugian yang diperoleh dalam periode tertentu. Dengan memiliki laporan laba rugi yang akurat, Bank Sampah Benua Hijau dapat mengevaluasi kinerja usahanya, mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, dan merencanakan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan profitabilitas usaha di masa depan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di Perumahan Benua Indah RW 007 Blok D, Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang pada tanggal 27 hingga 29 Mei 2024. Acara ini merupakan bagian dari upaya Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat setempat.  Dalam kegiatan ini, tim dosen dari Prodi Teknik Industri yang terlibat adalah Dyah Puspitasari Sunaryo Putri, Ihsan Supono dan Achmad Hanafi serta dari mahasiswa hadir yaitu Bagas Patih.

Selama pelatihan mengenai laporan laba rugi, kegiatan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Antusiasme peserta PKM dari Bank Sampah Benua Hijau terlihat jelas dari banyaknya pertanyaan yang diajukan selama sesi pelatihan. Hal ini menunjukkan ketertarikan dan keingintahuan mereka yang tinggi terhadap topik yang dibahas. Pemberian materi dan pelatihan ini didasarkan pada ilmu dan keahlian yang dimiliki oleh tim PKM dari Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang. Dengan penyampaian materi yang komprehensif dan aplikatif, diharapkan para peserta tidak hanya meningkatkan pengetahuan mereka tentang laporan laba rugi khususnya untuk jenis manufaktur, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam menjalankan usaha mereka. Dengan pengetahuan ini, para peserta diharapkan dapat lebih percaya diri dalam melakukan pencatatan keuangan yang baik, menyusun laporan laba rugi yang akurat, dan menggunakan informasi dari laporan tersebut untuk membuat keputusan bisnis yang lebih tepat. Pada akhirnya, pelatihan ini diharapkan dapat membantu Bank Sampah Benua Hijau dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional usahanya, serta mencapai keberhasilan jangka panjang.