Bogor, 9-11 Mei 2024 – Fakultas Teknik Industri Universitas Pamulang telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pemasaran melalui platform YouTube. Acara ini berlangsung selama tiga hari dan dihadiri oleh Kepala Desa Tegal, Kabupaten Bogor, Omat Jayadihati, S.Sos, yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa, Pak Jayadi, S.Ak, serta Ketua UMKM Ibu Susi.

Kelompok pengabdian ini dipimpin oleh Ibu Irma Novianti, ST, MT, yang juga merupakan Ketua Tim Pengabdian. Narasumber dalam pelatihan ini adalah Patria Adhistian, ST, MM, dan Priyo Wibowo, S.Si, MT, yang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka tentang pemasaran digital, khususnya melalui platform YouTube.

Hari Pertama: Kamis, 9 Mei 2024

Pelatihan dimulai dengan sambutan dari Pak Jayadi, S.Ak, yang mewakili Kepala Desa. Beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Universitas Pamulang atas inisiatif yang bermanfaat ini. Selanjutnya, Ibu Irma Novianti memberikan pengantar mengenai pentingnya pemasaran digital bagi UMKM di era modern.

Patria Adhistian kemudian memaparkan materi tentang dasar-dasar pemasaran melalui YouTube, termasuk pembuatan konten menarik, optimalisasi video untuk mesin pencari, dan strategi peningkatan jumlah penonton.

Hari Kedua: Jumat, 10 Mei 2024

Pada hari kedua, Priyo Wibowo melanjutkan dengan materi yang lebih teknis, seperti penggunaan alat bantu analitik untuk memantau kinerja video dan cara meningkatkan interaksi dengan penonton. Peserta juga diajarkan bagaimana cara membuat dan mengedit video menggunakan perangkat lunak sederhana namun efektif.

Hari Ketiga: Sabtu, 11 Mei 2024

Hari terakhir pelatihan difokuskan pada praktek langsung. Para peserta, yang terdiri dari pelaku UMKM, diberikan kesempatan untuk membuat dan mengunggah video pertama mereka dengan bimbingan langsung dari para narasumber. Sesi ini sangat interaktif, dengan banyak peserta yang antusias bertanya dan mencoba teknik-teknik yang baru mereka pelajari.

Ketua UMKM, Ibu Susi, menyampaikan terima kasih atas pelatihan yang sangat bermanfaat ini. Beliau berharap bahwa ilmu yang didapat bisa segera diterapkan untuk memajukan usaha mereka masing-masing.

Penutup

Acara pengabdian kepada masyarakat ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada para peserta oleh Ibu Irma Novianti. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, khususnya kepada perangkat desa dan para narasumber.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Tegal dapat lebih memahami dan memanfaatkan pemasaran digital melalui YouTube, sehingga mampu meningkatkan daya saing dan jangkauan pasar produk mereka. Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari Tridarma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.