Kegiatan Produksi sablon merupakan usaha yang paling menarik untuk saat ini, mengingat sablon custom akan selalu dicari dan dibeli oleh masyarakat. Kaos , Tas, Kain merupakan salah satu media dalam pelaksanaan proses penyablonan, karena di dunia fashion terdapat mode tahunan yang berubah-ubah dari segi corak dan bentuk pakaian dibuat, hal tersebut tidak mempengaruhi keberadaan dari kaos. Sehingga sampai kapanpun sablon cutom masih memiliki pembeli tetap. Jaminan adanya pasar pembeli yang jelas dari penjualan bisnis sablon cutom ini yang kemudian membuat peluang untuk membuka usaha dalam bidang sablon kaos pun tidak pernah mati. Sablon custom adalah Teknik mencetak gambar, foto, karikatur, typography dan berbagai hasil desain lainnya ke permukaan meida seperti kaso, task ain dan median lainnya . Artinya inti dari pembuatan sablon ini selanjutnya selain memikirkan bahan adalah kualitas dari hasil penyablonan yang dihasilkan pada sablon ini Fokus pelaksanaan pengabdian kami ini adalah untuk pengendalian kualitas sablon guna meminimalisir jumlah produk cacat pada proses sablon menggunakan Teknik FISHBONE. Dengan melakukan melakukan Analisa dari setiap faktor, Man , Material, Metode, Mesin dan Linkungan, didapatkan penyimpangan produk cacat yang tidak sesuai batas kendali, selanjutnya melakukan analisis dengan Diagram faktor penyebab utama cacat miring berdasarkan diagram sebab akibat Metode pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan PKM ini adalah pelatihan dan demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan sablon dan desain, unrtuk meningkatkan kualitas produksi dilakukan pendampingan, sedangkan materi pengelolaan manajemen usaha, administrasi dan pemasaran disampaikan dengan ceramah, diskusi dan tanya jawab. Dengan demikian, luaran PKM ini adalah Adanya keterampilan dalam pembuatan afdruk sablon manual dan juga Meningkatnya kualitas produk cetak sablon dan asesoris cinderamata, adanya peningkatan dalam pengelolaan usaha dan perluasan pemasaran yang online.

Pelaksanaan PKM ini berlokasi di Desa Serdang Kulon berada di wilayah kecamatan panongan mempunyai penduduk sebanyak 12.870 jiwa. Menurut riwayat asal kata Serdang Kulon adalah: Serdang yang berati menyeberang dan Kulon yang berarti Batar. Serdang Kulon artinya menyeberang sungai Cirarab ke arah Kulon untuk menghindari penjajah. Desa Serdang Kulon  mulai berdiri tahun1940 dengan di kepalai seorang Kepala Desa yang dipilih rakyat. Luas wilayah : 354,117 Ha, dengan jarak ke Kecamatan Panongan sekitar 1,5 KM dan jarak ke Kabupaten Tangerang kurang lebih 14 KM. Mempunya kantor desa yang beralamat di Jl. Amd No.1, Serdang Kulon, Kec. Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten 15710 saat ini dipimpin oleh seorang Kepala Desa bernama Aden Sukarna S.Sos.

Dalam  sambutannya bapak  Aden  Sukarna, S.Sos  selaku kepala desa  Serdang Kulon menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh para dosen Teknik Industri Universitas Pamulang. Peserta pelatihan adalah para ibu-ibu kader masayarakat di desa Serdang Kulon. Disampaikan pula oleh bapak kepala desa agar para dosen yang melaksanakan kegiatan pelatihan kepada para kader masayarakat di desa Serdang Kulon ini jangan setengah- setengah dalam memberikan ilmunya demikian juga sebagai dukungan bapak kepala desa terhadap kegiatan ini memberikan himbauan kepada para peserta agar bisa mengikuti acara ini hingga selesai dan bisa belajar serta menambah wawasan untuk bisa berkreasi dan bermanfaat untuk membangun kemajuan masyarakat di desa Serdang Kulon.

Para peserta yang semuanya ibu-ibu saat pelatihan tampak antusias dan bisa praktek langsung bagaimana cara menyablon secara manual dan setelah melihat hasilnya yang cukup bagus para ibu tampak senang dan semakin ingin tahu mengenai teknik menyablon. Rasa ingin tahu para peserta bukan saja hanya bagimana supaya besutan tinta di atas screen sablon bisa menghasilkan cetakan yang bagus tapi ingin tahu juga bagaimana cara memindahakan tulisan ke screen sablon. Spontan dari dosen peserta PKM yang di wakili pak Adi Candra menyampaikan bahwa permintaan tersebut bisa di berikan pelatihan oleh para dosen kepada para ibu-ibu peserta PKM hanya butuh waktu lebih panjang untuk  pelatihannya kedepan bisa di agendakan lagi sambungnya. Proses pemindahan tulisan kedalam screen sablon biasa di sebut proses afdruk adalah proses pemindahan gambar dari kertas film pada screen menggunakan bahan emulsi. Proses ini pada umumnya memiliki beberapa tahapan, yakni pelapisan, pengeringan awal, penyinaran screen, pembuatan klise dan pengeringan oleh karena itu di perlukan waktu yang khusus dan agak panjang dalam pelatihannya. Sablon manual adalah teknik sablon yang menggunakan peralatan seperti screen, rakel, hotgun dan sebagainya yang sebagain besar masih menggunakan keahlian manusia untuk  mengerjakannya.  Beberapa manfaat  keterampilan  sablon  manual  meliputi  harga  lebih kompetitif, hasil cetak lebih awet, penampilan cetakan lebih bagus dan dari sisi model lebih variatif.

Acara selanjutnya adalah pelatihan atau demontrasi bagaimana Teknik cara membuat film adfdruk untuk sablon manual menyablon memperoleh kualitas cetakan yang bagus, berikut disampaiakn beberapa tahapan dalam membuat afdruk film sablon manual : Campur obat afdruk hingga rata. Oleskan obat afdruk ke atas screen secara tipis dan merata. Lalu keringkan dengan hair dryeratau alat lainnya. Lalu taruh taruh kertas film yang berisi design sablon ke atas screen dengan posisi terbalik. Letakkan kaca di atas kertas film Lalu pada sisi lain screen, letakkan kain gelap lalu diikuti oleh sponge/busa sebagai pengganjal screen. Jemur alat-alat tersebut di bawah sinar matahari. Jemur dalam posisi screen menatap langsung ke matahari, jangan dijemur dengan posisi berdiri. Jemur selama 1 menit, jika cuaca mendung jemur selama 2 menit. Setelah selesai dijemur, bawa masuk screen ke dalam ruang tertutup yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Lepaskan film dan busa. Cuci screen dengan air (tidak perlu dengan sabun) sampai bersih lalu jemur kembali hingga kering.

Demikian hasil dari pengabdian yang dilakuakn oleh tim PKM program studi Teknik industry Universitas Pamulang, semoga dapat bermanfaat bagi para peserta dan Masyarakat umumnya.