Untuk memenuhi tridharma perguruan tinggi, Dosen program studi Teknik Industri Universitas Pamulang mengadakan program pengabdian kepada masyarakat di Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. PKM kali ini diketahui oleh Bapak Supriyono SE.MT, dan sebagai narasumber yaitu ibu Khaerunissa S.Psi. M.Psi, dan ibu Junaenah S.T,.M.M. Para dosen tersebut memberikan pelatihan terhadap masyarakat di Desa Tegal terkait membangun strategi marketing, seperti yang di sampaikan kepala desa “Desa Tegal tersebut memiliki organisasi UMKM bagi masyarakat”. Hal tersebut membuat semangat para dosen untuk memberikan pengetahuannya kepada masyarakat. Seperti yang di ketahui di era 4.0 ini masyarakat jauh lebih memilih pembelian dengan sistem online, hal tersebut membuat UMKM di desa Tegal merasa risau akan hal tersebut. Akan tetapi dengan adanya pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema Pelatihan Membangun Strategi Marketing Dengan Teknik Funnelling Sebagai Upaya Persuasif Pemuda Desa Tegal ini bisa membantu keresahan para UMKM di desa Tegal, terutama kepada pemuda yang mau membuka usaha.

Pemuda desa Tegal memiliki potensi besar dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam membangun strategi marketing yang efektif di pasar online. Salah satu teknik yang sangat berguna dalam strategi marketing ini adalah funnelling. Funnelling sendiri adalah kampanye yang bertujuan mengarahkan seseorang berpindah dari satu pemahaman menjadi lebih paham untuk menghasilkan objektivitas kampanye yang optimal. Manfaatnya adalah bagaimana merencanakan sebuah kampanye berdasarkan objektivitas yang dituju serta mempersiapkan agar rencana kampanye usaha berhasil ada sesuai yang diinginkan. Dengan strategi funnelling, kita bisa membuat calon pelanggan untuk mencoba secara gratis, bayar murah, bayar sedang, bayar mahal, langganan dan memberikan referensi.

Pelatihan funnelling untuk masyarakat Desa Tegal dapat membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam membangun strategi marketing yang efektif di pasar online. Dalam pelatihan ini, masyarakat diajarkan bagaimana cara membuat akun dagang pribadi dan beberapa strategi pemasaran. Mereka juga belajar mengenai penggunaan media sosial, email marketing, dan optimasi mesin pencari (SEO) untuk memperluas pangsa pasar. Dalam acara tersebut para dosen Tidak sekedar memberikan pemahaman dan pelatihan strategi funnelling kepada masyarakat tetapi melakukan diskusi dengan para masyarakat terkait strategi funnelling yang di gunakan di era 4.0 ini.